alexametrics

Kerusuhan di Papua, Edo Kondologit: Anarki Tidak Menyelesaikan Masalah

3 September 2019, 13:43:11 WIB

JawaPos.com – Situasi panas yang terjadi di Papua dan Papua Barat ikut menyita perhatian penyanyi gaek Edo Kondologit. Sebagai seniman Tanah Air, Edo yang berdarah Papua mengaku prihatin dengan kejadian yang terjadi di kampung halamannya.

Ikut ambil bagian dalam acara Merajut Nusantara 2019 pada Senin (3/9) malam kemarin, Edo dan sederet selebritas lainnya ingin kembali menjalin keharmonisan Indonesia lewat seni. “Artinya kita mengingkan Indonesia kembali bangkit. Kita mau tunjukkan bahwa Indonesia ini beragam dari barat sampai ke timur,” ujar Edo.

Edo berpendapat bahwa kerusuhan yang dipicu oleh aksi rasialisme di Malang beberapa waktu lalu tersebut semestinya bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Edo juga meyakini bahwa aksi kekerasan bukanlah jalan keluar.

“Mari kita selesaikan baik-baik, cari akar permasalahan. Jangan anarki, karena anarki itu tidak akan menyelesaikan masalah. Budaya kita kan budaya musyawarah dan mufakat. Kita sudah tahu semboyan bangsa kita. Kita tahu bangsa kita adalah bangsa beragam yang tidak bisa dipaksakan satu warna atau satu aliran,” kata Edo lagi.

Edo ingin pentas seni yang diselenggarakan kemarin bisa semakin membuka mata orang banyak untuk menghargai perbedaan suku, ras, dan agama yang ada di nusantara.

“Seni itu bicara tentang keindahan, tentang sesuatu hal yang menyentuh batin. Sehingga kita berharap seni yang kita tampilkan dapat memberikan warna kepada saudara-saudara kita, bahwa Indonesia itu dari Sabang sampai Marauke, dari Sumatera sampai ke Papua,” ujarnya.

Editor : Banu Adikara

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads