alexametrics

Ucapan eks Miss Universe Malaysia Soal George Floyd Jadi Kontroversi

3 Juni 2020, 14:28:12 WIB

JawaPos.com – Kicauan mantan Miss Universe Malaysia Samantha Katie James menuai kontroversi. Dia meluapkan pendapatnya atas kematian warga Amerika Serikat, George Floyd dan isu rasisme.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (3/6), Samantha menyebabkan kehebohan online atas komentarnya tentang protes Black Lives Matter di AS, setelah kematian George Floyd. Samantha, yang memenangkan gelar Miss Universe Malaysia pada 2017, memposting pendapatnya di Instagram-nya pada Senin sore seperti dimuat oleh Malay Mail.

Dia terlihat membandingkan kulit putih dan kulit hitam. Dia juga menyebut seseorang dengan istilah kulit berwarna.

“Saya tidak tinggal di Amerika, itu tidak ada hubungannya dengan saya, tetapi bagi saya, sepertinya ‘putih’ menang,” katanya.

“Jika Anda marah, Anda merespons dengan amarah dan kesedihan dan itu berarti ia memiliki kuasa atas Anda,” tambahnya.

Dia kemudian memposting lagi di Stories-nya, dengan mengatakan ujaran yang kontroversi. “Kepada orang-orang kulit hitam, santai, anggap sebagai tantangan, membuat Anda lebih kuat. Anda memilih untuk dilahirkan sebagai orang ‘berwarna’ di Amerika karena suatu alasan. Untuk mempelajari pelajaran tertentu. Terima apa adanya, sampai sekarang kelaparan dan kemiskinan masih ada. Itu adalah apa adanya. Itu tidak bisa dihindari. Yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tetap tenang, lindungi hati, jangan biarkan hancur. Itu tanggung jawabmu,” ujarnya.

Ucapan itu membuat pengguna media sosial marah dengan komentarnya. Salah satu netizen mempertanyakan ucapannya bahwa orang kulit hitam ‘memilih’ untuk dilahirkan demikian.

Samantha memposting balasannya kepada DM di Stories-nya. “Seperti jiwa kita memilih kehidupan ini, negara ini, ras ini, bentuk manusia ini khusus karena suatu alasan. Saya selalu bertanya-tanya mengapa saya dilahirkan di Malaysia sebagai gadis kulit putih dengan ibu dari Tiongkok dan kakek nenek dari India dan ayah dari Brazil. Tetapi saya memilih ini semua karena suatu alasan, sebagai jiwa saya,” jawabnya.

Netizen lain tak habis pikir dengan ucapannya. Karena membandingkan warna kulit.

Pengguna lain mengomentari Samantha bahwa tak ada orang yang bisa memilih untuk dilahirkan. “Tidak ada yang memilih untuk dilahirkan dengan warna tertentu,” kata netizen.

Organisasi Miss Universe Malaysia (MUMO) sendiri mengeluarkan pernyataan Senin (1/6) di Instagram. Bahwa ucapan itu murni datang dari pribadi Miss Universe Malaysia Samantha Katie James. MUMO mengatakan bahwa pandangan Samantha adalah pendapatnya sendiri dan tidak berafiliasi dengan organisasi.

“MUMO adalah singkatan dari masyarakat non-rasial dan sangat mengutuk semua tindakan rasisme dan prasangka di mana pun di dunia,” tegas pernyataan itu.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads