JawaPos Radar

Senangnya Prilly Latuconsina di Hari Batik Nasional, Nih Katanya

02/10/2017, 20:20 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Prilly Latuconsina
Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)
Share this image

JawaPos.com - Aktris Prilly Latuconsina‎ ikut bangga dengan adanya perayaan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Tidak hanya sekadar memperingati, dia bahkan ikut memakai batik pada hari ini.

"Tadi aku ke kampus juga pada pakai batik semua," kata Prilly Latuconsina‎ di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (2/10).

Pemain film Danur ini menilai perayaan Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober sangat penting. Selain menjadi momen mengingat kekayaan budaya, tapi juga bisa meningkatkan kecintaan menggunakan batik.

"‎Senang banget di zaman sekarang yang canggih dan kayaknya lebih kebarat-baratan, tapi pas Hari Batik kita komitmen pakai batik," jelas Prilly.

Cewek 20 tahun itu menambahkan, dirinya sendiri mengaku memang suka menggunakan batik. Bahkan dia ikut mengoleksi beberapa busana batik.

Seperti diketahui, peringatan Hari Batik Nasional 2017 disambut meriah warga Indonesia. Tidak hanya di dunia nyata, aktivitas digital pun membicarakan hal tersebut.

Bahkan di jejaring sosial, Twitter tweet Selamat Hari Batik Nasional sempat menjadi trending topic.

Sejarah panjang akhirnya mengantarkan batik diakui organisasi dunia Unesco sebagai warisan budaya dunia pada 2 Oktober 2009. Karena itulah, sejak saat itu, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober, atau hari ini, Senin (2/10).

Sejak tahun 2008, pemerintah Indonesia mendaftarkan batik ke dalam deretan representatif budaya tak benda warisan manusia Unesco atau Representative List of Intangible Cultural Heritage-Unesco. Kemudian diterima resmi oleh Unesco pada 9 Januari 2009 untuk diproses. Barulah pada 2 Oktober 2009 Unesco mengakui batik adalah kekayaan budaya milik Indonesia.

(ded/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up