alexametrics

Waduh, Pria Obesitas Punya Sperma Sedikit

3 Maret 2018, 22:47:00 WIB

JawaPos.com – Pria dengan berat badan lebih ternyata memiliki sperma yang sedikit. Hal itu, berdasarkan peneliti dari Argentina yang menunjukkan bahwa 155 pria obesitas memiliki sedikit sperma. 

Gynecologist Reproductive Technology dr. Arie A. Polim, D.MAS, SpOG menyebutkan  ada beberapa faktor yang mempengaruhi kulitas sel sperma. Berat badan yang terlalu tinggi menjadi salah satunya. 

“Pria yang punya kelebihan berat badan atau obesitas memang sebagian besar memiliki kualitas sperma jelek dibanding dengan yang normal, hal ini berkaitan dengan pengaruh fungsi epididimis,” ujar dr. Arie Polim kepada Jawapos.com saat acara Prenagen di Jakarta, Sabtu (3/3).

Waduh, Pria Obesitas Punya Sperma Sedikit
Sperma

Faktor lain yang mempengaruhi kualitas sperma adalah aktivitas yang dilakukan. Rata-rata pria yang memiliki aktifitas diluar ruangan bisa terpapar langsung  temperatur panas dan polusi yang berlebih . Hal itulah, menyebabkan sel sperma cepat mati. 

“Kalo bisa hindari merokok dan penggunaan alkohol. Sebaiknya mengkonsumsi makanan penuh gizi dan istirahat yang cukup. Buat yang suka nge-gym sebaiknya hindari susu atau suplemen penambah hormon buatan karena bisa merusak sel sperma”, katanya.

Untuk meningkatkan kualitas sperma dengan menjaga asupan makanan sehat setiap harinya. Konsumsi buah, sayuran dalam keadaan segar, biji-bijian utuh seperti gandum, kentang, beras merah, atau pun sereal .

Lantaran, mengadung banyak serat dan karbohidrat. Vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Editor : Rina Anggraeni

Reporter : (fid/JPC)

Waduh, Pria Obesitas Punya Sperma Sedikit