JawaPos Radar

Penjelasan Resmi RCTI, Miss Indonesia 2017 Asal NTB Itu Ternyata...

26/04/2017, 14:05 WIB | Editor: Thomas Kukuh
Penjelasan Resmi RCTI, Miss Indonesia 2017 Asal NTB Itu Ternyata...
Pemenang Miss Indonesia 2017, Achintya Nielsen (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pihak RCTI akhirnya buka suara soal polemik Miss Indonesia 2017 Achintya Holte Nielsen yang disangkal bukan dari NTB. Menurut Head of Corporate Secretary Division RCTI, Tony Andrianto, ajang ini sebelumnya telah melakukan audisi di empat kota besar yakni Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. Ditambah dengan lima audisi khusus di Bali, Medan, Banda Aceh, Makassar, dan Semarang. 

Nah, dalam audisi Miss Indonesia tersebut peserta boleh berasal dari provinsi mana pun. Sebab ajang ini memang terbuka untuk wanita asalkan masih berkewarganegaraan Indonesia. Apalagi bila salah satu provinsi tidak ada perwakilan, maka penyelenggara bisa memberi kesempatan kontestan mewakili daerah tertentu.

Dalam polemik kali ini dijelaskan bahwa Achinyta memang diketahui lahir dan dibesarkan di Bali. Namun saat adanya kekosongan kandidat dari NTB maka penyelenggara memperbolehkan dirinya mewakili provinsi tersebut. Hal tersebut berlaku untuk kontestan lainnya, seperti pada dua ajang sebelumnya yakni perwakilan Aceh dan Sumatera Barat.

Intinya, kata Tony, pihaknya sebagai penyelenggara tak mungkin bisa menggelar audisi di seluruh kota. Jadi hanya delapan kota besar. “Kebetulan Achyntia adalah kelahiran dan berdomisili di Denpasar. Jadi menurut saya sah-sah saja enggak ada masalah," tegasnya kepada JawaPos.com, Rabu (25/4). "Tahun lalu juga seperti itu, dan tidak ada masalah," sambungnya.

Dengan alasan tersebut, pihak penyelenggara berharap masyarakat bisa mengerti dengan regulasi ini. Sehingga asal Miss Indonesia tidak lagi dipermasalahkan. "Pokoknya asal masih dari Indonesia bisa masuk Miss Indonesia untuk mewakili di ajang Miss World," jelas Tony.

Saat ditanya soal sikap Gubernur NTB yang berang, Tony menegaskan pihaknya sudah menghubungi Pemerintah Provinsi NTB termasuk sang gubernur. Menurutnya ini hanya masalah informasi yang memang belum disampaikan.

"Pak Gubernur dan Kabiro Humas sudah saya hubungi dan setelah diberi pengertian dan informasi enggak masalah kok. Entah siapa yang membesar-besarkan ini. Siapapun bisa mewakili dan presentasikan daerah mana saja selama dia orang Indonesia. Ini hanya masalah belum terinformasi akibat kesibukan dan terpotong libur panjang," katanya. 

Tony menengarai ada pihak yang sengaja mempolitisir masalah ini. Namun dirinya memastkan saat ini semuanya sudah terkendali. "Sebenarnya pihak NTB welcome. Mungkin ada yang politisir. Kani sudah klarifikasi ini ke pihak gubernur dan sudah tak ada masalah," tuturnya.

Seperti diketahui, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengomentari pemenang Miss Indonesia 2017, Achintya Holte Nielsen yang diklaim sebagai perwakilan NTB. Pasalnya, pihaknya selaku kepala daerah tidak pernah merasa wanita cantik itu berkomunikasi soal menjadi perwakilan NTB. Apalagi dia ternyata lahir dan besar di Bali.

"Tidak bisa sembarangan wakili NTB, apalagi ketika ditelisik ternyata bukan orang NTB,"  ujarnya di komplek kantor gubernur seperti  ditulis Radar Lombok  (Jawa Pos Group), Rabu (26/4).

Menurutnya, dirinya sangat menyambut baik apabila ada pihak-pihak yang berinisiatif mempromosikan pariwisata NTB. Kontribusi dalam bentuk apapun, tentunya harus diberikan apresiasi. Namun pihaknya menilai harus ada komunikasi yang baik.

"Pada prinsipnya kita hargai semangat itu, namun kalau kita sudah bicara representatif daerah maka harus jelas aturannya," tegas gubernur dua periode ini.

Sementara, Achintya Holte Nilsen resmi meraih gelar Miss Indonesia 2017 dalam malam puncak yang digelar di Jakarta Barat, Sabtu 22 April 2017 malam. 

Tya, sapaannya, lahir di Denpasar, Bali pada tanggal 1 Januari 1999. Dia merupakan putri dari pasangan Terje Holte Nilsen (Norwegia) dan Ni Nyoman Parvati. Saat ini dara cantik itu merupakan mahasiswi di Sekolah Internasional Bali International Green School. (ded/cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up