JawaPos Radar

Resmi Terbentuk, AKSI Siap Jembatani Komik dan Industri Kreatif

24/04/2018, 16:35 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Triawan Munaf
Kepala Bekraf, Triawan Munaf menjadi saksi terbentuknya Asosiasi Komik Indonesia (AKSI), Selasa (24/4). (Yuliani NN/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Industri komik Indonesia semakin membuktikan diri sebagai pilar dasar ekonomi kreatif di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari banyaknya komik-komik online di media sosial dan suksesnya karakter komik di filmkan, seperti Si Juki.

Beberapa waktu lalu, diketahui komik Si Juki sukses diadaptasi menjadi film yang disaksikan oleh sekitar 700.000 penonton di bioskop. Selain itu, baru-baru ini, karakter komik legendaris, Gundala, rencananya akan difilmkan oleh sutradara kenamaan Joko Anwar.

Faza Meonk, selaku kreator Si Juki, menggagas terbentuknya AKSI (Asosiasi Komik Indonesia). Hal tersebut menurutnya sangat diperlukan melihat perkembangan industri komik di Indonesia.

Komik
AKSI resmi dibentuk, siap jembatani pembuat komik dan industri keratif di tanah air. (Yuliani NN/JawaPos.com)

"Kami lihat komik akan jadi industri ya. Dan sebagai industri, perlu adanya asosiasi yang mengikat perusahan-perusahaan untuk menyatukan visi ini," katanya saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (24/4).

Pembentukan AKSI juga bertujuan untuk membangun ekosistem industri komik di Indonesia agar Komik Indonesia bisa menjadi bagian dari strategi budaya nasional di ranah Internasional.

"Kita nggak mungkin sendiri-sendiri. Kita perlu kerja sama lintas subsektor dan perlu merencanakan sesuatu bersama agar Industri dan iklim industri di Indonesia kompak," jelasnya.

AKSI adalah sebuah asosiasi yang didirikan oleh para pengelola Intellectual Property di Indonesia yang berfokus pada media komik, mereka adalah Bumilangit (pemilik IP karakter2 komik lokal legendaris seperti Si Buta, Gundala, Godam, dll), PIONICON (Si Juki), Octopus Garden (Mice Cartoon), Infia (Komikin Ajah), FranKKomiK (Setan Jalanan), Skylar Comics (Volt & Valentine), Ciayo Comics (Heartbeat & Blue Serenade), re:ON Comics (Grand Legend Ramayana & Galauman), Kosmik (Manungsa & Wanoja) dan Padma Pusaka Nusantara (Nusa Five).

Dihadiri Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, deklarasi pendirian AKSI baru saja diresmikan pada Selasa, 24 April 2018 di Swillhouse SCBD. Selain itu, juga diramaikan para pelaku di indsutri komik seperti Faza Meonk, Franki Indrasmoro S, Marcelino Lefrandt, Mice Misrad, Sweta Kartika, dan sejumlah komikus lainnya.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up