alexametrics

Usai Game of Thrones, Kini Jokowi Ulas Kecanggihan Serial Star Trek

26 Oktober 2018, 19:25:08 WIB

JawaPos.com – Masyarakat baru disegarkan dengan analogi serial Game of Thrones ‘Winter is coming’ saat Presiden Joko Widodo membuka pertemuan ajang Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018. Kini, Presiden Jokowi kembali mengajak masyarakat membuka ingatan masa lalu dengan mengulas film di era 1990-an, Star Trek.

Jokowi mengungkapkan kecanggihan benda yang ada dalam Star Trek kini menjadi nyata berkat perkembangan teknologi. Hal itu disampaikannya saat membuka acara Festival Kreatif IdeaFest 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat (26/10).

“Kita tahu dulu mungkin saat masih zaman dulu ketika saya umur 18-20, ada film Star Trek. Banyak benda atau temuan tak masuk akal di film itu. Ada Intelejen Virtual, Repliclator, dan lainnya,” papar Jokowi.

Sehingga, harus diakui kalau perkembangan teknologi sangat cepat. “Kita tak pernah bayangkan bahwa kecanggihan itu sekarang muncul semuanya. Bertubi-tubi dan semuanya. Dulu hanya dalam film,” sambungnya.

Dia juga bercerita saat dirinya mampir ke markas Facebook 3 tahun lalu di mana dirinya main ping-pong virtual. Presiden mengaku heran saat itu permainan ping-pong bisa dimainkan tanpa bola dan raket sungguhan.

“Saya diajak Mark (Zuckeberg). Kaget saat itu main ping-pong tang tung tang tung. Saya tanya saat itu, ‘Mark apa itu hanya untuk ping-pong?’. Dia jawab ‘Oh tidak Pak Presiden, semuanya bisa. Bisa segala hal’. Saya bayangkan sepak bola juga tendang-tendangan enggak ada bolanya,” katanya tertawa.

Maka kecanggihan itu, kata dia, menjadi tantangan bagi siapapun sejalan dengan visi misi Indonesia ke depan. “Dan sekali lagi yang menggerakkan adalah saudara-saudara sekalian,” ungkapnya.

Serial TV Star Trek adalah sebuah serial mingguan TV yang diluncurkan sejak tahun 1966 dan populer di tahun 1970an. Mengisahkan perjalanan antariksa dengan teknologi canggih, seri ini diciptakan oleh Gene Roddenberry dan menceritakan petualangan awak pesawat antariksa USS Enterprise (NCC-1701) pada abad ke-23.

Sedangkan serial televisi Game of Thrones yang dimaksud Presiden Jokowi sebelumnya menjadi analogi dalam perang dagang yang terjadi di dunia saat ini. Jokowi menyebut potensi yang akan dihadapi negara-negara global yang dikaitkan dengan dunia Game of Thrones mulai dari winter is coming, great house, iron thrones hingga evil winter.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Usai Game of Thrones, Kini Jokowi Ulas Kecanggihan Serial Star Trek