alexametrics

Rachel Maryam Kembali ke Dunia Akting Lewat Opera Mpu Tantular

25 September 2018, 08:00:50 WIB

JawaPos.com – Rachel Maryam akan kembali ke dunia akting setelah hiatus dan menjadi politisi di Senayan beberapa tahun belakangan ini. Lewat ‘Opera Mpu Tantular Lahir Kembali’, Rachel akan beradu akting dengan Angga dengan berperan sebagai Soma.

Meski telah hiatus dari dunia akting untuk kepentingan lain, akan tetapi Rachel mengaku bahwa darahnya masih darah aktor. Sejak terjun ke dunia yang membesarkan namanya tersebut, ia mengatakan, berakting bukan hanya sekedar pekerjaan tetapi juga media berekspresi.

“Itu yang saya hayati. Kalau orang refreshing senangnya golf dan tenis, buat saya media ekspresi dan refreshing adalah dengan akting,” kata Rachel saat berkunjung ke kantor JawaPos, Senin (24/9).

Artis yang melejit lewat sinetron Strawberry beberapa tahun lalu itu mengaku, sejak masuk ke dunia politik waktunya untuk akting telah berkurang. Oleh karena itu, munculnya tawaran untuk memerankan tokoh Soma di Opera Mpu Tantular Lahir Kembali itu, tanpa pikir panjang langsung diterimanya untuk bergabung.

“Saya tidak pikir dua kali, karena ini seperti dahaga yang menemukan air minum di depan. Ini kesempatan untuk berekspresi lagi di dunia seni,” katanya.

Kendati demikian, ia mengaku absennya dia selama ini dari dunia akting bukan vakum seratus persen, karena sesekali ia masih berkesenian walau intensitasnya jauh dari sebelumnya. Terlebih untuk di dunia teater sudah sangat lama ditinggalkannya sehingga kali ini menjadi kesempatan yang baik baginya untuk kembali akting.

“Jadi saya tidak mikir, langsung iya (menerima). Tapi setelah itu saya baru mikir, masih bisa akting gak ya? Karena akting kan seperti pisau (harus) diasah. Pisau saya sudah lama tidak diasah, jadi saya bertekad harus main bagus,” katanya.

Oleh karena itu, dalam seminggu terakhir sebelum pertunjukkan, ia pun bertekad untuk latihan terus menerus. Bahkan ketika di rumah pun ia mengaju terus membaca naskah demi kualitas aktingnya yang lebih baik.

Rindu pada dunia akting pun menjadi alasan mengapa ia mengambil peran tersebut. Ua merasa tantangan baginya muncul ketika pertanyaan apakah dirinya masih bisa akting atau tidak mengingat ia sudah lama tidak akting.

Digelarnya Opera Mpu Tantular sendiri merupakan kegiatan dari FIKOM Universitas Mpu Tantular. Bergabungnya para seniman dalam pementasan seni mahasiswa tersebut baru dilaksanakan tahun ini sebagai tahun perdana digelarnya acara kreasi seni itu.

Opera Mpu Tantular akan dimainkan oleh banyak aktor dan aktris. Tidak ketinggalan, Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno juga akan ikut berakting dalam teater musikal tersebut. Teater ini disutradarai dan ditulis oleh Sudibyo J.S.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : (dmp/JPC)

Rachel Maryam Kembali ke Dunia Akting Lewat Opera Mpu Tantular