JawaPos Radar | Iklan Jitu

Opera Mpu tantular Lahir Kembali, Cerita Klasik yang Dikemas Milenial

25 September 2018, 08:30:59 WIB | Editor: Deti Mega Purnamasari
Opera Mpu tantular Lahir Kembali, Cerita Klasik yang Dikemas Milenial
Para pemain Opera Mpu Tantular Lahir Kembali (FIKOM Universitas Mpu Tantular)
Share this

JawaPos.com - Sutradara dan penulis 'Opera Mpu Tantular Lahir Kembali', Sudibyo J.S. menyebutkan bahwa cerita dalam teater yang akan dipentaskan tersebut merupakan cerita klasik yang dikemas dengan era masa kini atau milenial.

Melalui pementasan ini, pihaknya ingin agar masyarakat mengetahui terjemahan 'Bhinneka Tunggal Ika' yang diperkenalkan oleh sosok Mpu Tantular. Terlebih saat ini kondisi bangsa yang sedikit guncang dengan banyaknya isu-isu perpecahan yang muncul.

"Kami mencoba untuk menjabarkan bahwa ada identitas perbedaan satu sama lain itu bukan siapa dia tapi bagaimana dia. Apakah membela kebajikan, mencari keuntungan material dan lainnya. Itu akan kami gambarkan karakter masing-masing dalam perbedaan tadi. Kami coba terjemahkan hal-hal prinsipil menjadi lebih populer. Ceritanya ada romantisnya juga," ujar Sudibyo saat berkunjung ke Kantor JawaPos, Senin (24/9).

Selain cerita yang lebih populer, nantinya set panggung juga akan dibuat seolah-olah kerajaan yang disebut sebagai kerajaan Majamanis berada di langit. Hal tersebut dibuat sebagai bentuk yang sedikit fantastik, tetapi tetap persoalan yang diangkat adalah hal-hal manusiawi.

Para pemain, katanya, sudah melakukan latihan intensif selama satu bulan. Sebelumnya, mereka juga telah latihan selama dua bulan, ditambah lagi seminggu dua kali latihan rutin tetap dilakukan.

"Saya membuat adegan Soma selalu bisa melihat pemuda dalam mimpinya dan mimpi itu selalu datang. Ia kemudian mencari dan bertemu bahwa pemuda itu adalah Suta," katanya membocorkan.

Adapun pementasan yang dilaksanakan selama tiga hari karena pihaknya menargetkan sebanyak 2.100 penonton yang menyaksikan.

Digelarnya Opera Mpu Tantular sendiri merupakan kegiatan dari FIKOM Universitas Mpu Tantular dan didukung oleh Yayasan Budimurni Jakarta. Bergabungnya para seniman dalam pementasan seni mahasiswa tersebut baru dilaksanakan tahun ini sebagai tahun perdana digelarnya acara kreasi seni itu.

Opera Mpu Tantular akan dimainkan oleh banyak aktor dan aktris. Pemeran utama jatuh kepada Rachel Maryam yang memerankan tokoh Soma dan Angga Wiranata yang memetankan tokoh Suta. Tidak ketinggalan, Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno juga akan terlibat dalam pementasan yang akan dilaksanakan pada 26-28 September mendatang di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

(dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up