alexametrics

5,3 Miliar Cuitan, Twitter Sebut 2018 Sebagai Tahun K-pop Terbesar

22 Februari 2019, 11:35:31 WIB

JawaPos.com – Tahun 2018 disebut sebagai tahun terbesar bagi K-Pop karena telah berhasil mencatatkan rekor global hingga 5,3 miliar cuitan di Twitter. BTS, EXO, dan GOT7 menjadi grup yang paling mendominasi K-pop di Twitter sepanjang 2018, termasuk perhelatan Mnet Asia Music Awards (MAMA) 2018.

Dari rilis yang diterima oleh JawaPos.com, BTS, dengan akunnya @BTS_twt menjadi akun yang paling banyak melakukan cuitan di dunia sepanjang 2018. RM dan kawan-kawan berada di peringkat nomor 1 akun yang paling sering dicuitkan oleh pengguna Twitter di dunia.

Termasuk ketika salah satu membernya, J-Hope, berpartisipasi dalam tagar #InMyFeelingsChallenge yang mendapat liked tweet terbanyak, sebanyak 1,8 juta likes sepanjang tahun 2018.

5,3 Miliar Cuitan, Twitter Sebut 2018 Sebagai Tahun K-pop Terbesar
BTS, EXO, dan GOT7 jadi paling banyak dicuitkan di Twitter sepanjang 2018 (Twitter)

Tidak hanya itu, ketika BTS menjadi bintang iklan LG, untuk mempromosikan produknya, tagar LGxBTS yang diluncurkan akun @LGElectronics juga berhasil membuat headline di Twitter.

Selanjutnya, EXO, dengan akunnya @weareoneEXO memecahkan rekor saat melakukan siaran #TwitterBlueRoom Live Q&A dalam rangka comeback mereka dengan ditonton oleh 1,6 juta penonton. Hal ini membuat EXO mendapat jumlah tertinggi penontonnya secara real time untuk siaran K-pop #TwitterBlueRoom.

Kemudian, saat mereka comeback dengan albumnya Don’t Mess Up My Tempo pada November lalu, tagar #EXO_Tempo juga dicuitkan lebih dari 24 juta cuitan.

Sementara itu, GOT7, dengan akunnya @GOT7Offcial dicuit sebanyak 2,4 juta cuitan saat mereka membuat konten eksklusif berupa video series dari behind the scene produksi video untuk album Present: You melalui fitur eksklusif, instant unlock dengan tagar #Lullaby. Jumlah cuitan tersebut didapat hanya 10 hari saja selama masa promosi, yakni pada Oktober 2018.

Adapun gelaran MAMA 2018 dengan tagarnya #2018MAMA mendapat 56 juta cuitan hanya dalam waktu tiga hari, yakni apda 12 hingga 15 Desember 2018. Jumlah tersebut telah melebih cuitan sebelumnya pada tahun 2017 yang hanya 42 juta saja.

Tidak hanya itu, kategori penghargaan Worldwide Icon of the Year untuk dukungan dari penggemar terhadap idolanya yang dilakukan di Twitter berhasil mencapai 13,3 juta cuitan hanya dalam waktu 3 jam. Para penggemar menggunakan tagar #MAMAVOTE yang juga menjadi trending topic dunia nomor satu di 44 negara.

Editor : Deti Mega Purnamasari



Close Ads
5,3 Miliar Cuitan, Twitter Sebut 2018 Sebagai Tahun K-pop Terbesar