JawaPos Radar

Ancika Mehrunisa Rabu, Kekasih Baru Dilan yang Bukan Pencemburu?

21/09/2018, 09:45 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Ancika Mehrunisa Rabu, Kekasih Baru Dilan yang Bukan Pencemburu?
Karakter Dilan dan Milea dalam film 'Dilan 1990', Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nama Ancika Mehrunisa Rabu mencuat setelah terbitnya novel Pidi Baiq yang berjudul Milea: Suara dari Dilan pada 2016. Kisah cinta Dilan dan Milea pun diketahui memang kandas di tengah jalan.

Karakter Ancika (Cika) belum lama ini santer dibicarakan saat Pidi Baiq mem-posting sampul baru dari karya yang sedang digarapnya itu di akun Instagram @pidibaiq. Penulis yang tinggal di Bandung itu memberikan bocoran siapa perempuan berambut pendek yang menjadi pacar Dilan setelah putus dari Milea itu.

Pada Oktober 2017, lewat sejumlah cuitannya, Pidi Baiq pernah memberitahu tentang sosok Ancika. Dalam cuitannya, disebutkan hubungan Dilan dan Cika dimulai pada 1995.

Ancika Mehrunisa Rabu, Kekasih Baru Dilan yang Bukan Pencemburu?
Pidi Baiq sedang menulis mengenai Ancika Mehrunisa Rabu, kekasih Dilan setelah putus dari Milea. (Instagram/pidibaiq)

"Saat itu saya sudah SMA kelas dua. Sebagai seorang perempuan berambut pendek, saya ingin tetap bersikap netral karena itu sedernana dan tidak rewel," ujar Cika seperti ditulis Pidi Baiq di Twitter.

Motivasi Surayah (Ayah Pidi) menuliskan kisah Ancika dan Dilan pun didorong oleh para penggemar yang menyalahkan Dilan memutuskan Milea. Hal itu diungkapkan Ayah Pidi saat ditemui di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (21/9).

"Setelah satu dan dua orang nyalahin Dilan. Kok disalahin? putus gara-gara ada perempuannya. Nah, berarti Dilan harus bercerita dong. Jadi, aku bikin buku itu lagi," kata Surayah.

Dengan gaya Dilan, Surayah menanyakan pada Ancika soal kesediaannya bercerita kisahnya saat bersama Dilan.

"Aku nanya si Cika itu, Ancika Mehrunisa Rabu, mau nggak kamu cerita? Tolong jelasin semua itu. Dia bilang nggak mau," kata Pidi Baiq seperti kata Dilan.

"Lama itu. Dia (Cika) orang sibuk. Aku pancing nanya, 'kamu cemburu nggak?' Dia jawab, 'Aku nggak cemburu, kalau cemburu sedikit saja cukup'. Aku pancing-pancing, jadi banyak," lanjutnya.

Menurut Pidi Baiq, saat ini draft tulisan mengenai Ancika Mehrunisa Rabu, Dilan yang Bersamaku baru ada sekitar 40 halaman. Namun, surayah memang bukan seorang penulis, dia hanya orang yang ingin menulis. Sehingga, belum dapat dipastikan kapan novel Ancika Mehrunisa Rabu akan dirilis.

"Ada 40 halaman itu. Nah, masalahnya saya bukan penulis, kalau mau hari ini, aku bisa.
Aku bikin novel bukan disuruh orang, nggak niat bikin novel. Aku (nulis) lebih karena dorongan ingin menulis. Jadi, saya bukan penulis, tapi orang yang menulis. Nggak tahu lah apa namanya," pungkas Surayah saat bincang-bincang soal Dilan, Milea, dan Ancika.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up