alexametrics

3 Kartini Masa Kini Versi Christine Hakim

21 April 2018, 08:20:56 WIB

JawaPos.com – Christine Hakim sebagai aktris senior di perfilman Indonesia ternyata mempunyai tokoh-tokoh perempuan yang layak disebut sebagai ‘Kartini Masa Kini’. Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini ini, dia menyebut tiga nama yang dinilainya pantas mendapat julukan demikian. Mereka adalah Mooryati Soedibyo, Sri Mulyani, dan Susi Pudjiastuti.

“Banyak (Kartini Masa Kini), Ibu Mooryati Soedibyo, Ibu Sri Mulyani, Ibu Susi Pudjiastuti, wanita-wanita yang luar biasa,” kata Christine Hakim saat ditemui JawaPos.com di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut perempuan berusia 61 tahun itu, tiga nama di atas layak dijuluki sebagai Kartini Masa Kini. Alasannya mereka bisa sukses di bidang masing-masing dengan perjuangan yang luar biasa.

Seperti Mooryati Soedibyo yang terkenal sebagai salah satu pencetus ide kontes pemilihan Putri Indonesia yang digelar setiap tahun. Perempuan 90 tahun tersebut juga tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia, dan berjulul sebagai ‘Empu Jamu’. Mooryati ikut masuk sebagai urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia.

Begitu pun dengan Sri Mulyani. Sepak terjangnya dengan jabatan Menteri Keuangan menurut Christine Hakim sangat luar biasa. Ditambah dengan Susi Pudjiastuti yang juga punya terobosan besar sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019.

Menariknya, Christine Hakim menilai ketiga nama perempuan di atas tidak hanya sukses dalam karier tetapi juga berhasil dalam keluarga. Artinya, bisa menjalankan tugas sebagai istri ataupun ibu dengan baik. Hal itu pula yang membuatnya mantap memilih ketiganya sebagai Kartini Masa Kini.

“Mereka berprestasi, walaupun saya tidak kenal secara personal keluarga, tapi saya percaya mereka bukan hanya sukses di luar tapi juga sukses di rumah sebagai ibu, sebagai istri,” ujarnya.

Seperti diketahui, tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Perayaan ini diijadikan masyarakat Indonesia sebagai momentum mengenang kembali jasa-jasa pahlawan Raden Ajeng Kartini sebagai pelopor kebangkitan perempuan. Tidak hanya itu, Hari Kartini juga dijadikan sebagai cara memotivasi perempuan di seluruh tanah air untuk menjadi Kartini Masa Kini.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : (ded/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
3 Kartini Masa Kini Versi Christine Hakim