alexametrics

Empat Karya Seni yang Ditakuti Raja Komik Horror Jepang Junji Ito

18 September 2019, 22:54:28 WIB

JawaPos.com – Pecinta komik Jepang pastinya sudah tidak asing dengan nama Junji Ito. Terkenal dengan reputasinya sebagai raja komik horror di Negeri Matahari Terbit lewat Tomie dan Uzumaki, rasanya tidak ada lagi hal yang bisa membuat mangaka berusia 56 tahun itu ketakutan.

Dilansir dari animenewsnetwork.com, Ito menuturkan bahwa ternyata ada empat karya seni yang masih dianggapnya sangat seram hingga sekarang. Yang pertama adalah sebuah novel berjudul The Color Out of Space karangan novelis  H. P. Lovecraft.

Ditulis pada tahun 1927, The Color Out of Space bercerita tentang jatuhnya sebuah meteor di kawasan Massachusetts, Amerika Serikat. Meteor tersebut kemudian mengeluarkan zat beracun yang membuat semua makhluk hidup di sekitarnya terinfeksi dan berubah bentuk menjadi monster. “Pertama kali aku membacanya, aku betul-betul ketakutan,” ujarnya.

Layaknya kebanyakan orang, Ito juga ternyata takut dengan novel fenomenal Ring karangan Koji Suzuki. Terkenal dengan tokoh setan perempuan bernama Sadako yang merayap keluar dari dalam sumur, Ito mengatakan bahwa novel yang terbit pada 1991 itu pernah membuatnya gemetar.

Karya seni lain yang dianggap sangat menyeramkan oleh Ito adalah film horror kenamaan The Exorcist arahan sutradara William Friedkin yang diputar pada 1973.

“Film itu bukan hanya seram, tapi juga sangat traumatis. Satu film menakutkan lainnya adalah Suspiria yang tayang tahun lalu,” ujar Ito.

Ketika ditanya apakah dirinya ingin membuat komik di luar horror, Ito memberikan jawaban yang tidak terduga. “Ini mungkin kedengarannya bercanda, tapi saya mau membuat komik dengan tema komedi romantis. Itu akan jadi hal yang menantang, meskipun sepertinya bakal gagal,” kelakarnya.

Editor : Banu Adikara



Close Ads