JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tarik Wisatawan Mancanegara, Korea Selatan Bakal Bangun Arena K-pop

17 Desember 2018, 14:57:40 WIB
Tarik Wisatawan Mancanegara, Korea Selatan Bakal Bangun Arena K-pop
BTS saat tampil di Stadion New York City Field, Amerika, Oktober lalu. (Big Hit Entertainment/Yonhap)
Share this

JawaPos.com - K-pop yang semakin populer hingga ke dunia membuat Pemerintah Korea Selatan berniat untuk membangun arena K-pop di Seoul sebagai salah satu cara untuk terus menarik turis asing datang ke Korea.

Melansir Yonhap, Pemerintah Korea melalui Kementerian Ekonomi dan Keuangan mengatakan, nilai proyek pembangunan arena K-pop itu adalah sebesar 500 miliar Won atau sekitar USD 442 juta. Rencananya tempat tersebut akan dibangun di Changdong, wilayah timur laut Seoul dan dibiayai oleh perusahaan swasta.

Langkah ini juga diambil karena K-pop yang sebagian besar menampilkan tarian koreografi dari boygrup dan girlgrup mendapat minat yang besar tidak hanya dari negara Asia, tetapi juga hingga ke Amerika Serikat, Amerika Latin, hingga Eropa.

"Kami pun berencana mengadakan festival K-pop sebanyak dua kali di arena yang akan dibangun nanti. Festival tersebut akan menampilkan para selebriti K-pop untuk menyebarkan citra positif Korea Selatan," ujar perwakilan kementerian.

Korea Selatan juga saat ini melihat K-pop serta gelombang Korea (Korea Wave) lebih luas lagi sebagai kekuatan lembut yang sesungguhnya dapat menarik anak-anak muda di seluruh dunia. Hal tersebut juga dinilai dapat meningkatkan relevansinya dengan mereka.

K-pop juga dinilai telah membuat Korea Selatan menjadi negara yang keren, rumah bagi Gangnam Style (judul lagu PSY) dan juga sensasi K-pop oleh tujuh orang yang tergabung dalam grup BTS.

"Kami juga berencana akan mengadakan festival belanja yang bersamaan dengan acara K-pop serta menawarkan sistem visa yang lebih meningkat untuk menarik wisatawan mancanegara dan meningkatkan konsumsi domestik," katanya.

Selain itu, para ahli juga menilai bahwa Korean Wave yang dihasilkan K-pop dan drama-dramanya juga dapat mengubah penggemar di negara-negara asing menjadi konsumen produk Korea Selatan.

Editor           : Deti Mega Purnamasari
Reporter      : (dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up