alexametrics

Yoojung Sikdang, Restoran Saksi Sejarah Perjuangan BTS

17 Februari 2019, 11:57:23 WIB

JawaPos.com – Bagi para penggemar K-pop, kantor-kantor agensi para idolanya menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika jalan-jalan ke Korea. Namun banyak juga lokasi lain yang menjadi kunjungan wajib, salah satunya adalah restoran. Baik itu restoran milik sang idola atau yang menjadi favorit idola.

Bagi para penggemar BTS, Yoojung Sikdang (Restoran Yoojung) adalah salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi. Pasalnya, restoran ini menjadi restoran bersejarah bagi para member BTS. Semasa mereka masih menjalani pelatihan di Big Hit Entertainment, RM dan kawan-kawan kerap makan di restoran tersebut. Tak heran jika restoran itu menjadi saksi bagaimana BTS bisa sukses seperti sekarang ini.

Melansir Kpop Herald, restoran yang berada di kawasan Gangnam itu dari luar tampak biasa saja. Namun jika masuk ke dalam dan menyusurinya, restoran tersebut dipenuhi dengan poster dan stiker BTS di dindingnya.

Yoojung Sikdang, Restoran Saksi Sejarah Perjuangan BTS
Menu bibimbap kesukaan member BTS di Yoojung Sikdang (Kpop Herald)

Di salah satu sudut, terdapat sebuah lemari yang disulap menjadi tempat menaruh beberapa benda yang berhubungan dengan BTS serta banyak stiker yang tertempel di atasnya.

Pemilik restoran, Kang Sunja, mengatakan, stiker dan memorabilia BTS yang dipajang di lemari tersebut berasal dari para penggemar. Ia mengatakan, telah mengoperasikan restoran tersebut selama lebih dari dua dekade sehingga ia dan restorannya menjadi saksi bagaimana RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook berjuang hingga menjadi seperti sekarang.

“Mereka dulu berlatih di dekat sini. Mereka hampir setiap hari makan di sini selama hampir dua tahun,” ujarnya.

Di restorannya, Kang Sunja menyediakan empat hidangan andalan, yakni bibimbap, babi pedas, sup sosis, serta kimchi jjim (rebusan kimchi). Dari keempat menu itu, katanya, para member BTS sangat menyukai bibimbap sehingga menu tersebut kini memiliki sebutan Bangtan Bibimbap.

“Mereka biasanya makan dua sampai tiga mangkuk nasi setelah menjalani latihan yang berat, sebelum diet,” katanya.

Di Yoojung Sikdang juga terdapat salah satu meja yang menjadi sorotan karena di meja itulah para member BTS biasa duduk dan makan. Restoran tersebut tidak malu-malu memanfaatkan hubungan mereka dengan grup yang disebut-sebut telah menciptakan sensasi global itu.

Meja tersebut bahkan ditempeli stiker bergambar BTS yang menandakan posisi setiap member biasa duduk. Tentu saja, meja tersebut menjadi spot tujuan utama karena para penggemar bisa berfoto di sana.

Kang Sunja mengatakan, banyak para penggemar yang datang dari mancanegara ke restorannya. Kendati ia tidak bisa berbicara bahasa asing, akan tetapi ia tetap merasa bis terhubung dengan mereka karena BTS.

Sebab Yoojung Sikdang dikenal dengan nilai sebagai saksi sejarah BTS, maka jangan harap mencari pengalaman bersantap yang enak di sana. Namun jika menyukai BTS dan makanan Korea yang terjangkau dengan rasa otentik, Yoojung Sikdang sangat wajib dikunjungi.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Yoojung Sikdang, Restoran Saksi Sejarah Perjuangan BTS