alexametrics

Ginjal Kirinya Diangkat, Vidi Aldiano Tak Perlu Kemoterapi

14 Desember 2019, 16:51:55 WIB

JawaPos.com – Operasi pengangkatan ginjal terpaksa dilakukan Vidi Aldiano di sebuah rumah sakit Singapura pada Jumat (14/12) kemarin. Operasi ini perlu dilakukan Vidi karena kanker yang bersarang pada ginjal sebelah kirinya sudah memasuki stadium 3.

Yang membahagiakan, proses operasi ini berjalan lancar sesuai harapan. Sejumlah teman selebriti juga ikut memberikan support dan doa supaya kondisi kesehatan Vidi cepat pulih. Salah satunya adalah penyanyi Sheryl Sheinafia.

Sambil memposting foto berpelukan dengan Vidi, Sheryl menyemangati sekaligus minta para penggemarnya untuk ikut mendoakan kesembuhan pelantun Status Palsu tersebut.

“I love you so much @vidialdiano!!! this battle got nothing on you! ga ada cobaan yang diberi lebih dari kemampuan kita. everybody please send your love and prayers to my brother. we got you!,” tulis Sheryl Sheinafia di akun Instagramnya.

Penyakit kanker ginjal sebelah kiri juga sempat dialami ibu Alika Islamadina, Yuanita Rohali, sekitar 5 tahun silam. Ketika itu dia melakukan tindakan cepat dengan melakukan pengangkatan ginjal sebelah kirinya. Hal itu membuat dia terpaksa kehilangan salah satu ginjalnya. “Seluruh ginjal diangkat, karena kankernya ada di dalam ginjalnya,” ujar ibunda Alika kepada JawaPos.com, Sabtu (14/12).

Hal yang sama kini juga dilakukan Vidi Aldiano. Dengan diangkatnya ginjal sebelah kiri Vidi, maka kanker yang bersarang di tubuhnya juga ikut hilang. Oleh karena itu, Yuanita dan Vidi tidak perlu melakukan kemoterapi sebagaimana dilakukan para penderita kanker.”Dan setelah operasi tidak perlu kemoterapi,” tuturnya lebih lanjut.

Meski begitu, melakukan pemeriksaan rutin tentu sangat diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pemeriksaan itu harus dilakukan setiap 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun sekali.

Yuanita Rohali mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan. Meskipun kanker ginjal belum bisa dipastikan penyebab utamanya, menerapkan pola hidup sehat dia anggap solusi terbaik untuk melakukan perang terhadap penyakit kanker.

Ibu Alika juga menganjurkan untuk meminum air putih yang cukup, istirahat, olahraga yang tetatur, tidak merokok dan tidak membuat pikiran mudah stres.

Lebih lanjut diungkapkannya, jika ada gejala masalah pada kondisi kesehatan, ibu Alika menyarakan untuk segera melakukan pemeriksaan komprehensif ke dokter supaya diketahui penyebabnya dan bisa dilakukan pencegahan.

“Kanker adalah penyakit yang tidak diketahui kapan munculnya, kadang tanpa gejala dan sering muncul gejala jika sudah stadium lanjut. Sehingga sebaiknya kita rajin general check up jika ditemukan anomali. Kalau masih tahap awal pengobatanya lebih mudah,” ungkapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman


Close Ads