JawaPos Radar | Iklan Jitu

Demi Final Show Miss Universe, Wakil Indonesia Tak Ragu Adu Busana

Laporan Glandy Burnama-Salman Toyibi, Bangkok

14 Desember 2018, 15:12:25 WIB
Demi Final Show Miss Universe, Wakil Indonesia Tak Ragu	Adu Busana
Kontestan Miss Universe 2018 asal negara Indonesia Sonia Fergina Citra saat tampil di acara Preliminary Show di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (13/12). (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Panggung berbentuk huruf X di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, tadi malam (13/12) menjadi saksi persaingan 94 kontestan Miss Universe 2018. Para ratu kecantikan dari berbagai belahan dunia itu berlomba-lomba merebut hati juri dan penonton dalam sesi preliminary show.

Di sesi itu, para kontestan menunjukkan kebolehan masing-masing dalam memperagakan gaun malam dan swimsuit. Sesi tersebut sangatlah penting.

Penilaian dari show yang berlangsung selama 2 jam itu akan menentukan top 20 di final show pada 17 Desember mendatang. Tak heran, 94 peserta tampil habis-habisan demi spot prestisius di ajang ratu sejagat tersebut. Tak terkecuali wakil Indonesia Sonia Fergina Citra.

Demi Final Show Miss Universe, Wakil Indonesia Tak Ragu	Adu Busana
Kontestan Miss Universe 2018 Asal Spanyol Angela Ponce saat tampil di acara Preliminary Show di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (13/12). (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Di sesi swimsuit, Sonia mengenakan two-piece yang berwarna jingga. Lantas, untuk sesi gaun malam, perempuan 26 tahun itu mengenakan gaun merah bertajuk Luminous Delima karya Anaz Khairunnas.

"Pokoknya harus pede dan bangga karena aku jalan mewakili Indonesia," kata Sonia. Bukan hanya kontestan, para penonton juga tak kalah antusias. Mereka datang dengan membawa bendera negara yang didukung. Beberapa penonton bahkan berdandan ala Miss Universe: mengenakan selempang dan tiruan mahkota Mikimoto (mahkota yang dikenakan pemenang Miss Universe).

Preliminary show tahun ini berbeda dari tahun lalu yang diadakan di Planet Hollywood Resort & Casino Mezzanine, Amerika Serikat. Panggung dan venue lebih besar. Tata visual juga lebih menarik.

Demi Final Show Miss Universe, Wakil Indonesia Tak Ragu	Adu Busana
Kontestan Miss Universe 2018 asal negara Afrika Selatan Tamaryn Green saat tampil di acara Preliminary Show di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (13/12). (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Di bagian belakang panggung, layar videotron menampilkan desain bergerak yang menyerupai burung merak, taman tropis, dan pilar berornamen bak istana. Megah, elegan, dan semarak.

Preliminary show diawali dengan perkenalan 94 kontestan. Mereka maju bersama dalam kelompok kecil yang berisi 4 hingga 6 orang dan melakukan opening number alias perkenalan yang berupa penyebutan nama dan asal negara. Setiap para peserta selesai melakukan opening number, para penonton bersorak. Terlebih, penonton yang senegara dengan kontestan.

Sesi kedua adalah parade swimsuit. Tahun ini para peserta mengenakan swimsuit rancangan Putri Thailand Sirivannavari Nariratana. Sang putri yang juga seorang desainer itu merancang 94 swimsuit aneka warna seperti kuning, jingga, fuchsia, biru, hijau tosca, dan ungu.

Demi Final Show Miss Universe, Wakil Indonesia Tak Ragu	Adu Busana
Kontestan Miss Universe 2018 asal negara Australia Francesca Hung saat tampil di acara Preliminary Show di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (13/12). (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Terakhir, para kontestan adu pesona dengan gaun malam masing-masing. Gaun dengan warna cerah dan metalik serta beraksen payet masih menjadi tren tahun ini. Panggung berwarna hitam dan abu-abu membuat gaun para peserta lebih mencolok.

Catriona Gray, kontestan dari Filipina, juga panen aplaus. Maklum, cukup banyak orang Filipina yang datang menyaksikannya langsung di IMPACT Arena. Catriona pun masuk hot picks alias jajaran peserta yang dijagokan untuk menang.

Demi Final Show Miss Universe, Wakil Indonesia Tak Ragu	Adu Busana
Sejumlah kontestan Miss Universe 2018 memberikan salam kepada penonton usai tampil di acara Preliminary Show di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (13/12). (SALMAN TOYIBI / JAWA POS)

Sebagai wujud apresiasi, Catriona beberapa kali melempar ciuman untuk para pendukung saat sesi swimsuit. "Semoga sukses, Catriona!" teriak para pendukungnya dengan kompak. Dukungan meriah juga didapat Sophida Kanchanarin, kontestan tuan rumah Thailand. Namanya berkali-kali diteriakkan begitu dia muncul dengan swimsuit jingga dan gaun perak.

Yang juga mencuri perhatian adalah Angela Ponce. Kontestan 27 tahun perwakilan Spanyol itu adalah transgender pertama yang berkompetisi di Miss Universe. Dia telah mencatat sejarah. Dengan percaya diri, Angela melangkah di runway dalam balutan swimsuit berwarna fuchsia dan gaun silver. Meski menuai kontroversi karena keikutsertaannya, Angela tetap optimistis dan selalu tersenyum. 

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (*/c11/ttg)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini