alexametrics

Gagas SEAYMC, Dedi Panigoro Ingin Angkat Musik Klasik Indonesia

14 November 2019, 16:00:30 WIB

JawaPos.com – Generasi muda Indonesia punya potensi yang layak diangkat ke kancah internasional, salah satunya dalam hal musik klasik. Oleh karena itu, Komisaris Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Dedi Sjahrir Panigoro bersama Jayakarta Nada Persada Foundation menggagas sebuah acara bertajuk the South East Asia Youth Music Camp (SEAYMC) 2020, yang rencananya diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, pada 20-29 Juni 2020.

Dalam kunjungannya ke kantor Jawa Pos, Selasa (12/11), Dedi menjelaskan, kegiatan ini akan melibatkan sekitar 200 peserta, terdiri dari kelas junior (umur 10-15), dan youth (umur 15-25). Untuk dapat berpartisipasi dalam camp ini, calon peserta terlebih dahulu harus mengikuti audisi secara visual.

Peserta terpilih akan mengikuti kelas selama delapan hari dan dua hari pertunjukan di Swiss-Belresort Dago Heritage, Bandung, Jawa Barat. “Kegiatan delapan hari utamanya latihan alat musik. Tentu ada kegiatan nonmusik supaya mereka tidak terlalu jenuh. Bandung punya banyak kegiatan menarik, mereka juga akan lihat,” kata Dedi.

Chairman dari Meta Archipelago Hotels itu menyampaikan, camp ini berbeda dari kegiatan serupa lainnya. Pasalnya, kata Dedi, camp ini didesain oleh suatu kelompok ahli internasional, dengan tutor-tutor dari luar negeri.

“Sehingga saya rasa ini camp yang bermutu internasional,” katanya.

Sejumlah pelatih kelas dunia akan melatih para peserta di SEAYMC 2020. Para pelatih tersebut datang dari berbagai negara di Eropa, Rusia, Armenis, Inggris, Thailand, serta Singapura.

Dedi menuturkan, banyak pihak yang akan dilibatkan dalam camp bertaraf Asia Tenggara ini, antara lain Thai Youth Orchestra, Purwa Caraka Music Studio, KlabKlassik, serta Indonesian Classical Music Foundation. Sementara itu, sejumlah music director kondang juga akan berpartisipasi, antara lain Gevorg Sargyan, Purwa Caraka, serta Gabriel Laufer.

Ketika ditanya mengapa pengusaha migas tersebut tertarik mengadakan event musik klasik, Dedi melihat saat ini perkembangan musik di Indonesia cukup menggembirakan. “Kita ingin naikkan kelasnya ke Asia Tenggara,” katanya.

Ia pun berharap, setelah mengikuti camp ini, kualitas bermusik para pesertanya meningkat. Selain itu tumbuh rasa kepercayaan diri. Camp ini juga diharapkan membuka peluang generasi muda Indonesia untuk tampil ke kancah global.

“Kepada seluruh generasi muda, jangan ragu mendaftarkan untuk ikut audisi. Tutor domestik yang ingin membantu, kita tunggu juga,” ungkapnya.

Editor : Estu Suryowati



Close Ads