JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kena Kanker Tiroid, Rachel Amanda Wajib Minum Obat Seumur Hidup

14 November 2018, 12:20:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
rachel amanda, kanker tiroid,
Rachel Amanda bercerita dirinya divonis kena kanker tiroid. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Aktris Rachel Amanda divonis memgidap kanker tiroid sejak tahun 2014. Beruntung kanker tersebut terdeteksi dini masih stadiuk awal. Sehingga pengobatannya bisa lebih cepat.

Meski sudah lebih segar setelah menjalani pengobatan selama 4 tahun terakhir, namun Amanda tetap melakukan kontrol dan minum obat seumur hidup. Dia juga mengikuti berbagai edukasi untuk mengetahui kanker tersebut.

"Masih minum obat dan wajib seumur hidup. Dan kontrol mestinya tiap bulan tapi saya masih suka bandel 2-3 bulan sekali," katanya tertawa dalam konferensi pers bersama GoApotik dan KitaBisa.com, Selasa (13/11).

Saat itu usai dirinya menjalani operasi tiroid, ketika dicek oleh dokter ternyata ada sel kanker di dalamnya. Maka Amanda menjalani operasi dan radiasi.

"Untung masih pada stage paling rendah. Ada namanya radiasi, jadi enggak sampai kemoterapi," jelasnya.

Paling menyedihkan ketika divonis penyakit tersebut, kata dia, saat mengetahui dokter memintanya untuk menjauhi pantangannya. Amanda dilarang mengonsumsi makanan laut atau seafood.

"Perubahannya enggak terlalu berasa, enggak sampai diet berlebihan. Tapi yang paling sedih itu saat dibilang enggak boleh makan seafood. Tapi ternyata enggak gitu juga, setelah saya tanya lagi yang sebenernya makanan itu dipantang sebelum saya jalani prosedur radiasi. Jadi sekarang enggak apa-apa," ungkapnya.

Amanda juga mencari banyak edukasi dari luar dan dalam negeri terkait penyakit tersebut. Dirinya juga terus rutin untuk kontrol ke dokter dan lebih sadar pola hidup sehat.

"Awalnya cari ke support grup di luar. Untungnya hidup di era mudah informasi sekarang makin mudah jadi saya lebih tenang banyak dapat informasi," tuturnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up