JawaPos Radar | Iklan Jitu

Cerita Rachel Amanda Melawan Kanker Tirioid di Tubuhnya

14 November 2018, 11:50:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
rachel amanda, kanker tiroid,
Rachel Amanda bercerita dirinya divonis kena kanker tiroid. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Aktris dan pemain sinetron Rachel Amanda selama empat tahun terakhir ternyata sibuk bolak balik ke rumah sakit. Dia divonis mengidap kanker tiroid yang terdapat di area tenggorokannya. Sejak tahun 2014, Rachel menjalani pengobatan dan operasi terus berlanjut hingga saat ini.

"Masih dalam pemantauan sampai saat ini. Kenanya 2014, 4 tahun lalu. Kena gejalanya sudah berasa selama 1 tahun," katanya dalam konferensi pers bersama GoApotik dan KitaBisa.com, Selasa (13/11).

Berawal saat dirinya seringkali kelelahan, gemetar, dan detak jantung berlangsung cepat. Ternyata ketika diperiksa ada bengkak atau benjolan di area tenggorokan sebelah kanan.

"Saya itu kan saat itu suka film making, pas megang kamera tremor segitunya. Lalu leher kok makin bengkak, enggak kempes meski setelah diobati. Akhirnya 2014 mutusin operasi karena kesehatan dan alasan estetika," ujar Amanda.

Idealnya, operasi tiroid bisa dilakukan hanya satu sisi, antara kanan atau kiri saja. Namun pada Amanda, dokter mengambil keputusan untuk mengoperasi kedua area kiri dan kanan.

"Letaknya dekat jakun nempel di pita suara, ada di kanan kiri. Saya bengkak di kanan. Tapi dokter mengambil dua-duanya," ujarnya.

Beruntung Amanda masih mengalami kanker pada stadium awal. Sehingga cepat untuk diobati.

"Pada stage paling rendah. Ada namanya radiasi, lalu semacam minum obat, saat itu tiap bulan ambil darah. Dan sejauh ini dokter nyatakan aman," katanya.

Amanda sempat kesulitan dalam mencari obat yang sulit untuknya. Dengan aplikasi GoApotik dia pun menemukan obat tersebut.

"Punya penyakit spesifik itu sulit. Enggak semua apotek jual. Ada 2 jenis obat yang saya cari. Dan dikasih tahu sama GoApotik apotek mana yang tersedia dan bisa diantar langsung," ujarnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up