alexametrics

11 Pemenang KBDA 2018 di Bidang Arsitektur

9 Maret 2019, 18:35:48 WIB

JawaPos.com – Dunia arsitektur dan desain Indonesia sudah bisa bersaing di kancah Internasional. Selera yang cukup tajam dalam mendesain di bidang properti, membuat Indonesia bisa dikenal di seluruh negeri.

Turut berkontribusi lahirnya karya-karya berbakat, KOHLER memberikan penghargaan untuk arsitek tanah air. Sebanyak 11 pemenang menerima penghargaan Kohler Bold Design Awards (KBDA) pada Jumat (8/3), di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski. Penghagaan diberikan langsung oleh CEO Kohler Co. David Kohler.

11 pemenang beruntung terpilih dari sekitar 240 karya yang dibuat 140 arsitek dan firma desain mendaftar. Selain itu, mereka juga sudah melewati proses yang panjang dimulai pada awal 2017, mulai dari konsep hingga akhirnya mengumpulkan karya-karya desain pada September 2018.

KOHLER Beri Penghargaan Bagi Arsitek Terbaik Berstandar InternasionalKOHLER Beri Penghargaan Bagi Arsitek Terbaik Berstandar Internasional
Para dewan juri yang memberi penghargaan di KOHLER Bold Design Awards, Hotel Indonesia Kempinski, Jumat (8/3). (dok.Kohler)

Karya pemenang dipilih sesuai dengan standar penilaian, yakni menargetkan proyek dan arsitek ritel, desainer, serta pengembang yang berani tampil beda di industri ini.

“Bagaimana mereka bereputasi standar Internasional, diluncurkan dipublikasikan ke ranah yang lebih luas, ada interior desainer bisa dilirik customer luar negeri kalau mau pakai desain tersebut bisa menaikkan standar arsitek dan desainer,” kata Andra Matin, salah satu dewan juri KBDA, ketika ditemui di media interview Kohler Bold Design Awards, Pelataran Ramayana, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).

Oleh karenanya, juri terdiri dari tim dengan pengalaman kelas dunia, para profesional desain internasional dan Indonesia yang mencakup seluruh bidang properti seperti apartemen mewah, villa, bandara internasional, toko-toko ritel brand ternama, dan hotel-hotel mewah.

Panel juri ini meliputi Alexandra Champalimaud  pendiri studio Champalimaud yang berbasis di New York, Tony Chi pendiri studio tonychi yang sering memenangkan penghargaan dan berbasis di New York, Hidajat Endramukti pendiri dan principal dari Budipradono Architects, Andra Matin pendiri andramatin, dan Faried Masdoeki Direktur Desain di Hadiprana.

Anugerah tertinggi pada malam penghargaan ini adalah John Michael Kohler Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Ing. Hendra Hadiprana atas kontribusi yang luar biasa terhadap industri desain di Indonesia.

“Kami berharap dapat mengakreditasi para desainer luar biasa ini dengan menyediakan suatu platform bagi mereka untuk memfasilitasi dan membagikan karya-karya dan proyek yang luar biasa tersebut ke seluruh wilayah Asia Pasifik,” ucap David Kohler, CEO, Kohler Co, ketika ditemui di acara yang sama.

Berikut para pemenang KBDA 2018.

Kategori Living Condo Apartment Architect Award: Saumata Apartment, PT Aboday Design, Developer PT Sutera Agung Properti Kategori

Kategori Living Villa Architect Award: Green House, Wiyoga Nurdiansyah Architect

Kategori Travel Urban & Resorts Architect Award: Maya Sanur, Denton Corker Marshall Jakarta, Developer/Operator PT Maya Sanur

Kategori Living Condo Apartment Interior Design Award  ‘Keraton’ Residences, Genius Loci

Kategori Living Villa Interior Design Award: M House, Grain & Green

Kategori Travel Urban & Resorts Hotel Interior Design Award: The Langham SCBD, Jakarta, Smallwood Reynolds Stewart Stewart

Kategori Leisure  Gormeteria Restaurant, Domisilium Studio

Kategori Culture: Gereja Ouikemene, TSDS Interior Architects

Kategori Influencers: Adi Purnomo, mamostudio

Kategori Rising Talent: Wiyoga Nurdiansyah, Wiyoga Nurdiansyah Architect.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor :

11 Pemenang KBDA 2018 di Bidang Arsitektur