ModernCikande Siapkan Lahan 500 Hektare untuk Industri Halal di Serang

29/08/2018, 20:33 WIB | Editor: Mochamad Nur
Ilustrasi pengembangan Kawasan Industri ModernCikande di Serang, Banten. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - PT Modern Industrial Estat mendobrak pasar properti dengan menyiapkan kawasan industri yang akan menampung sektor usaha berbasis halal pertama di Indonesia. Pengembang properti anak usaha PT Modern Realty Tbk ini menyiapkan lahan seluas 500 hektare untuk industri halal di kawasan ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten.

”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (29/8).

Kawasan industri halal adalah kawasan industri yang semua di dalamnya menerapkan atau sesuai dengan standar halal Internasional mulai dari hulu sampai hilir. Saat ini, kawasan industri halal belum dimanfaatkan secara maksimal di Indonesia.

Ilustrasi salah satu fasilitas di Kawasan Industri ModernCikande di Serang, Banten. (Istimewa)

Padahal, Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia dengan nilai ekonomi mencapai USD 197 miliar, terbesar pertama di atas Turki yang mencapai USD 100 miliar.

Pemerintah sendiri terus mendorong pengembangan kawasan industri halal di Indonesia. Pasalnya banyak faktor pendukungnya, antara lain, jumlah penduduk muslim mencapai 85% dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 235 juta jiwa.

Pascal menyebutkan bahwa gaya hidup terhadap produk halal dewasa ini juga semakin menjadi tren di dunia, sejalan dengan kesadaran masyarakat global tentang manfaat produk-produk halal bagi kesehatan.

Melihat peluang tersebut, katanya, PT Modern Industrial Estat mulai mengembangkan Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal yang terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia seluas 500 hektar yang berlokasi di kawasan ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten.

Cluster ini nantinya merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building, Industrial Land, dan Logistic Park.

“Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air, " ujar Pascall.

Dia optimistis zona industri halal di ModernCikande Industrial Estate akan diminati karena memiliki banyak keunggulan yang diperlukan oleh investor dan pelaku industri.

Untuk tahap pertama, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional seluas 50 hektare yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya.

Saat ini, dari total lahan 3.175 hektar, luas lahan yang telah dikembangkan di ModernCikande Industrial Estate mencapai 40% dengan sisa pengembangan lahan sesuai perijinan masih sekitar 1500-an hektar.

(nas/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi