JawaPos Radar

Bos Crown Group Dorong Anak Muda RI Berwirausaha

28/08/2018, 23:36 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Bos Crown Group Dorong Anak Muda RI Berwirausaha
CEO Crown Group Iwan Sunito (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - CEO Crown Group Iwan Sunito menilai Indonesia perlu meningkatkan investasi di bidang sumber daya manusia (SDM). Sebab, pengembangan kompetensi SDM menjadi kunci peningkatan daya saing bangsa.

Iwan mengatakan, peningkatan kualitas SDM sangat diperhatikan di negara-negara lain. Dia mencontohkan, pemerintah Australia dan para pelaku usaha memiliki sinergi yang kuat dalam membangun SDM.

"Setiap perusahaan punya anggaran khusus untuk melatih SDM. Investasi SDM sangat diperhatikan," kata Iwan di Jakarta, Selasa (28/8).

Iwan menilai, Pemerintah Indonesia juga sudah mulai serius mengembangkan kapasitas SDM. Pemerintah bersama industri telah membangun sinergi untuk memberikan pelatihan vokasi.

"Saya yakin Indonesia menuju ke arah sana. Tapi, pelatihan juga harus dibuat secara sistematis dan tidak difokuskan kepada satu bidang," katanya.

Dia menambahkan, selain pelatihan praktik, peningkatan kualitas SDM juga bisa dilakukan dengan rutin menggelar seminar-seminar motivasi. Oleh karena itu, Iwan yang baru saja mendapatkan penghargaan 2018 Southern Courier’s Top 20 Most Influential Person di Australia, bersedia menjadi pembicara dalam acara Upgrade Seminar bertajuk Without Borders yang digelar Yayasan Gilgal, di Jakarta Utara, Rabu (29/8).

Iwan mengaku akan membagi kisahnya dalam membangun bisnis Crown Group di Australia. Selain itu, ia mencoba mendorong para pemuda untuk berani berwirausaha.

“Masa depan bangsa ini berada di pundak generasi muda. Kami semua sangat ingin mendidik para pemuda melalui forum ini," katanya.

Ketua Pelaksana Seminar dan salah satu pengurus Yayasan Gilgal Suhardjo Cang menjelaskan, Yayasan Gilgal merupakan komunitas sosial dengan berfokus pada pengembangan SDM. Menurutnya, Yayasan Gilgal telah memberikan berbagai pelatihan kepada usaha kecil dan mikro (UKM), donor darah, bantuan sosial, bantuan pendidikan, hingga seminar.

"Seminar mengundang pembicara dan praktisi dari berbagai bidang guna memberikan inspirasi, motivasi serta mendidik para peserta," kata Suhardjo.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up