alexametrics

Batal, Obligasi Intiland Tak Dilirik Investor Global

28 Agustus 2018, 19:48:39 WIB

JawaPos.com – Perusahaan pengembang properti, PT Intiland Development Tbk (DILD) menyampaikan, pihaknya menerbitkan obligasi global yang senilai USD 250 juta atau setara dengan Rp 3,62 triliun. Surat utang tersebut batal lantaran investor global tak tertarik dengan kupon bunga yang ditawarkan.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland Archied Noto Pradono mengungkapkan, Investor global mengharapkan kupon bunga lebih dari 11 persen.

“Ya kami harapnya single digit. Yield yang diminta terlalu tinggi, jadi kita mundur,,” tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (28/8).

Di sisi lain, perseroan mengaku saat ini bukan merupakan waktu yang tepat untuk menerbitkan obligasi global. Salah satunya terkait dengan fluktuasi kurs.

Sebelumnya, Intiland sudah mendapatkan rating yang cukup bagus terhadap obligasi global itu. Seperti Moody’s yang memberikan rating BB dan Fitch Rating B flat. Pemegang saham juga telah memberikan restu.

Namun Archied menegaskan, rencana penerbitan obligasi global itu hanya untuk memenuhi diversifikasi pendanaan. Sebab selama ini perseroan lebih banyak melalui pinjaman perbankan dengan rata-rata bunga sekitar 12 persen.

Penerbitan obligasi global itu juga bertujuan untuk pembiayaan kembali atas utang perbankan perseroan. Kini manajemen akan melakukan siasat dengan memperpanjang pinjaman perbankan yang ada.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (mys/JPC)

Batal, Obligasi Intiland Tak Dilirik Investor Global