alexametrics

Ingin Punya Rumah Sendiri sebelum Umur 30, Catat Kiat-Kiatnya

28 Mei 2022, 21:40:19 WIB

JawaPos.com – Meningkatnya golongan usia produktif dan naiknya kemapanan secara finansial mendorong minat serta keinginan masyarakat untuk semakin melengkapi kebutuhan pokok dari hidup mereka. Selain makanan dan pakaian, memiliki hunian impian juga menjadi mimpi dari banyak orang. Bahkan, banyak orang yang memimpikan memiliki rumah sebelum usia 30 tahun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), persentase penduduk Indonesia Menurut Generasi (2020-2021) didominasi oleh Gen Z (27,94 persen) dan Generasi Millenial (25,87 persen). Hal ini menunjukkan bahwa permintaan dan peluang di pasar properti terutama perumahan bagi masyarakat usia produktif dan bekerja masih memiliki potensi yang cukup tinggi.

Department Retail OK Bank Hardiansyah Ramadhan mengatakan, memiliki rumah bisa menjadi titik awal pengembangan kehidupan, terutama bagi generasi Z dan millenial. ’’Kami berharap, kemudahan dan efisiensi yang kami tawarkan melalui program akan dapat membantu mereka memenuhi perencanaan dan apabila mereka memiliki kebutuhan untuk dana cepat, berapapun besaran nominalnya,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (28/5).

Menurutnya, usia muda juga bukan halangan. Terdapat beberapa strategi untuk mewujudkan kaum milenial agar dapat membeli rumah. Pertama, ubah gaya hidup dan tetapkan target

Beli rumah terdengar sangat mahal dan penghasilan serta tabungan yang dimiliki sekarang selalu terasa tidak cukup. Coba teliti kembali neraca keuangan untuk memastikan apakah benar tidak cukup, atau hanya karena terbentur gaya hidup bersaing dengan kebutuhan.

Perlu diingat bahwa memiliki rumah merupakan kebutuhan. Dengan berpegang pada prinsip tersebut dan menetapkan target, kita akan dapat lebih spesifik dalam mengatur anggaran.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads