alexametrics

Kolaborasi Coliving-Coworking Space Memberi Semangat Kebersamaan

28 April 2019, 10:03:06 WIB

JawaPos.com – Konsep coworking space menjadi inspirasi untuk sektor lain untuk mengembangkan bisnis. Kini muncul coliving. Antara coworking dan coliving memiliki konsep yang sama yakni berbagi tempat untuk kebersamaan.

Jika coworking sudah lama berkembang di Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta, kini Coliving pun mulai muncul. The Parc diklaim sebagai superblok sebagai hunian yang menggunakan konsep coliving pertama di tanah air.

Direktur PT Setiawan Dwi Tunggal Peony Tang menuturkan, pihaknya melihat kawasan selatan Jakarta, semakin padat. Lalu lintas yang semakin macet menuju pusat Jakarta membuat masyarakat urban mengalami kejenuhan untuk beraktivias sehari-hari. Hari-hari mereka lebih banyak habis di jalan.

Agar kondisi itu tidak berkelanjutan, masyarakat Ibu Kota yang padat dengan mobilitasnya bisa mengakali kinerjanya di tengah kondisi yang padat tanpa harus menguras tenaga di jalan. Yakni mengkolaborasikan antaran coliving dan coworking. Tempat tinggal dan tempat kerja lebih memberikan ruang kebersamaan satu sama lain.

Konsep coliving tersebut tercermin dari 70 persen area yang didekasikan sebagai fasilitas bersama, ruang rekreasi, dan area hijau yang terintegrasi dengan area superblock SouthCity seluas 55 hektar.

“Kami mendesain The Parc apartemen menjadi sebuah manifestasi dari kehidupan komunal. Kami menyediakan kesempatan bagi penghuni untuk saling berbagi dan berkolaborasi, tetapi tetap mengutamakan privasi, fungsi, dan kenyamanan,” ujar Peony Tang dalam keterangan persnya, Minggu (28/4).

Lebih jauh dikatakannya, coliving tak sekadar sebuah hunian, tetapi juga sebuah tempat untuk melahirkan inspirasi terbaik dan membangun hubungan yang bermakna.

Kehadiran The Parc di Pondok Cabe sebagai hunian coliving nantinya akan dikolaborasikan dengan penyedia coworking space, yakni GoWork. Kolaborasi itu untuk memastikan para penghuni bisa menikmati keuntungan dari coliving yang tak sekadar berbagi fasilitas umum. Tetapi, merupakan personafikasi dari kolaborasi dan komunitas-cara bagi para penghuni untuk berbagi ketertarikan, sumber daya dan impian dengan penghuni lain untuk mencapai tujuan hidup yang lebih terarah.

Editor : Ilham Safutra



Close Ads