JawaPos Radar

Sektor Properti Diprediksi Tumbuh Bagus Tahun Depan

25/10/2017, 15:40 WIB | Editor: Mochamad Nur
Sektor Properti Diprediksi Tumbuh Bagus Tahun Depan
Ilustrasi (DOK.MUHAMMAD ALI/JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Pasar properti nasional pada 2018 mendatang diperkirakan akan mengalami perbaikan dibanding tahun 2017. Hal itu tidak terlepas dari beberapa kebijakan-kebijakan positif pemerintah yang dikeluarkan selama tahun 2017.

"Sejumlah kebijakan yang dibuat pemerintah berdampak positif dan memberi optimisme terhadap target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,2 persen. Kondisi ekonomi diperkirakan akan stabil hingga akhir tahun jika pemerintah tetap konsisten menjalankan kebijakan yang berlaku," kata Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Rabu (25/10).

Lebih lanjut, dari sisi suplai, perlambatan pasar properti diperkirakan akan terjadi pada pertengahan 2018. Penyebabnya, dampak Hari Raya Idul Fitri serta Pilkada Serentak 2018 yang mungkin terjadi.

Sektor Properti Diprediksi Tumbuh Bagus Tahun Depan
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

"Begitu juga menjelang Pemilu Legislatif & Pemilihan Presiden 2019," tuturnya.

Sementara di sisi permintaan, kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah membuat optimisme konsumen dalam membeli rumah pada 2018 masih tetap tinggi. Porsi permintaan terbesar akan datang dari rumah tipe menengah dengan harga di bawah Rp 700 Juta.

"Konsumen akan mencari perumahan tipe klaster, terutama di wilayah satelit kota besar dengan akses menuju pintu tol dan sarana transportasi masal," terangnya.

"Seiring tumbuhnya suku bunga untuk Kredit Pemilikian Apartemen maka akan terjadi pertumbuhan yang moderat pada hunian jenis apartemen," tambahnya.

Ike menjelaskan bahwa secara umum pasar properti Indonesia di tahun 2018 mendatang akan lebih menarik dan prospektif dibandingkan tahun 2017 ini.

Satu tahun sebelum tahun politik 2019, pasar properti akan sedikit lebih bergairah dan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk membeli properti, baik untuk dihuni atau dipakai sendiri maupun sebagai sarana investasi.

Menurutnya, Rumah.com akan terus berinovasi memberi solusi dan panduan bagi pencari properti, agen, dan pengembang serta stakeholder properti di Indonesia. "Kami berkomitmen membantu para pencari properti dalam menentukan keputusan pembelian properti melalui informasi data yang tepat dan akurat,” pungkas Ike. 

(cr4/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up