JawaPos Radar

Tahun Depan, Himperra Berkomitmen Tambah 120 Ribu Rumah Subsidi

25/08/2018, 16:36 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Tahun Depan, Himperra Berkomitmen Tambah 120 Ribu Rumah Subsidi
Deklarasi Himperra (Hana Adi Perdana / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) menegaskan komitmennya membangun rumah subsidi 120 ribu unit.

Angka itu sekitar 60 - 70 persen dari total capaian Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) yang tahun lalu hanya tercapai sebesar 220 ribu unit.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Himperra Endang Kawidjaja usai deklarasi terbentuknya Himperra sebagai asosiasi pengembang pemukiman dan perumahan di Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (25/8).

"Mengenai jumlah memang rumah subsidi 2017 hanya 220 ribu. Mungkin tahun ini jumlah itu akan turun karena ada kendala di awal tahun karena masalah ketentuan spesifikasi. Tapi tahun depan kami berkomitmen berkontribusi sebesar 120 ribu unit. Apalagi dengan 18 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kami," ujarnya.

Dia mengungkapkan, dengan jumlah tersebut, pihaknya bisa berkontribusi terhadap program satu juta rumah yang dijalankan pemerintah. "Dengan banyaknya anggota kita mudah-mudahan bisa meningkatkan minimal 10 persen," tuturnya.

Diakuinya, kendala saat ini dalam kepemilikan rumah adalah proses akad. Sejumlah masyarakat yang ingin memilki rumah pada akhirnya berujung pada penolakan di proses persetujuan bank tersebut.

"Menjual rumah sederhana mudah, tapi masalahnya di akad.  Mungkin kita akan membantu dari DPP ke DPD agar penyaluran kredit lancar," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani mendukung kehadiran Himperra. Kehadiran asosiasi tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah yang mencapai 11,5 juta unit.

"Tentunya kami dari Kadin menyambut baik dan berharap banyak terhadap himperra. Karena ini tugas dan PR kita semua. Kekurangan perumahan 11,5 jt pemukiman, juga target pemerintah unik 1 juta pemukiman perlu konsolidasi dari semua pihak. Kehadiran Himperra bisa menjadi sarana komunikasi, tukar pikiran, bagaimana agar bisa menyediakan pemukiman yang dibutuhkan masyarakat Indonesia," tuturnya. 

Di tempat yang sama, Setditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR berharap kehadiran Himperra dapat mendukung program satu juta rumah subsidi bagi masyarakat. Sebab, program itu dianggap penting untuk mendukung kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kenapa memberikan dukungan? Karena Himperra kita pandang sebagai asosiasi yang akan mendukung tugas negara dalam menyediakan perumahan dan pemukiman untuk masyarakat," tutupnya. 

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up