Strategi Himperra Genjot Pembangunan 120 Ribu Unit Rumah Tahun Depan

25/08/2018, 18:35 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Pengusaha berencana bangun 120 ribu unit rumah (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) menargetkan untuk membangun rumah subsidi sebesar 120 ribu unit. Capaian itu diharapkan bisa terealisasi pada kinerja

Ketua Umum Himperra Endang Kawidjaja mengungkapkan, ada sejumlah strategi yang disiapkan pihaknya guna mendorong upaya tersebut.

Pertama, pihaknya telah mengajukan usul ke pemerintah telah mengajukan pembiayaan untuk kelompok masyarakat berpenghasilan setara Upah Minimum Rakyat (UMR). Sektor informal tersebut saat ini telah diberikan bantuan untuk pembiayaan rumah.

"Informal ini alhamdulillah berkat kerja sama dengan kementerian sudah lahir bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan. Tapi jumlahnya baru di 40 ribu unit. Menurut informasi yang di dapat justru informal berpotensi lebih besar dari yang formal. Namun funding (pembiayaan) dari pemerintah belum memadai," ujarnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (25/8).

Selanjutnya, pihaknya juga mengusulkan pembiayaan pembangunan rumah dengan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Program tersebut dianggap tepat untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan di bawah Rp 2 juta.

Kementerian PUPR juga telah mengalokasikan anggaran sebesar USD 215 juta atau Rp 2,79 triliun. Upaya itu diharapkan dapat membantu masyarakat miskin yang ingin memiliki rumah.

"Cianjur dan banyak daerah di Jawa Tengah penghasilannya di bawah Rp 2 juta. Kami usulkan agar disinergikan dengan rumah swadaya. Kalau dicicil tanahnya, dan kredit macet hilang “hadiah” dari pemerintah. NPL 0 persen tapi memang masih terkendala di pendanaan," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi