JawaPos Radar

Tak Perlu Beli yang Gede, Ini Untungnya Punya Rumah Kecil

23/07/2018, 15:21 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Tak Perlu Beli yang Gede, Ini Untungnya Punya Rumah Kecil
Bagi generasi milenial, membeli rumah kecil lebih menguntungkan dibandingkan membeli rumah besar. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Generasi milenilal yang ingin memiliki hunian sendiri tak perlu membeli rumah besar. Harga properti yang terus meningkat akan semakin sulit dijangkau. Sebaiknya beli rumah kecil pun tak masalah karena banyak keuntungan untuk anak muda dibandingkan dengan rumah besar.

Mengutip situs resmi rumah123.com, rumah besar tidak efisien dari segi perawatan. Meningkatnya biaya pembangunan rumah dari waktu ke waktu, mendorong tren rumah idaman yang minimalis, terutama di daerah perkotaan yang harga lahannya selangit.

1. Mengakomodasi kebutuhan para penghuni

Dari segi biaya pembangunan, rumah idaman yang minimalis bisa dibangun dengan biaya yang relatif lebih murah. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan kebutuhan para penghuni rumah.

2. Konsep interior rumah

Ini akan berimbas pada furnitur. Perhatikan fungsi dan ukuran furnitur agar pas saat diletakkan di rumah mungilmu. Yang perlu kamu pilih adalah perabot rumah yang efisien dan fungsional. Efisiensi ruangan dan efektivitas penggunaan berbagai perabot rumah merupakan kunci utama interior rumah mungilmu.

Pemilihan warna cat juga penting karena akan berpengaruh pada kenyamanan rumah kecil. Supaya tetap terkesan nyaman dan lega, gunakan warna cat dan interior yang netral serta tidak mencolok. Beberapa warna yang direkomendasikan yakni putih, krem, abu-abu.

Rumah berukuran kecil, kecil pula biaya perawatannya. Membangun dan mendesainnya pun lebih rendah dibanding rumah berukuran besar. Dari sisi interior, antara ruang yang satu dengan ruang yang lainnya terkoneksi, sehingga tidak membutuhkan banyak perabot.

3. Hemat listrik

Karena minimalis, maka tak perlu menggunakan pencahayaan listrik yang banyak. Kesan cahaya alami akan memancar di seluruh rumah minimalis karena berukuran kecil.

4. Bikin taman

Kalau ada sisa lahan sekecil apa pun di sekeliling rumah, bikin taman agar rumah terkesan asri. Kalau tidak ada lahan tersisa, manfaatkan tanaman-tanaman dalam pot-pot yang cantik.

5. Sirkulasi udara

Maksimalkan ventilasi udara agar udara yang ada di dalam rumah mengalir secara optimal.

6. Aman

Dari sisi keamanan, rumah minimalis mudah dijaga. Sebab pelaku kejahatan lebih banyak menyasar rumah-rumah besar.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up