JawaPos Radar

Bos Crown Group: Kebijakan Pemerintah Dorong Kenaikan Harga Hunian

22/05/2018, 16:06 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Bos Crown Group: Kebijakan Pemerintah Dorong Kenaikan Harga Hunian
CEO Crown Group Iwan Sunito (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pengembang properti yang berbasis di Sydney, Crown Group saat ini tengah membangun hunian di Australia yaitu Eastlake Live. Pembangunan tersebut menelan dana hingga Rp 10 triliun.

CEO Crown Group Iwan Sunito menilai kebijakan pemerintah dalam pembangunan kawasan ikut mendorong kenaikan harga properti. Diperkirakan harga hunian di Kawasan Eastlakes bisa melonjak 9,09 persen dalam waktu tiga tahun.

"Sebagai contoh adalah dengan melihat apa yang kami lakukan di Parramatta pada 2012. Kami melihat arah kebijakan pembangunan pemerintah NSW mengarah ke kawasan barat Sydney, itulah sebabnya kami memutuskan untuk membangun kampung vertikal di Parramatta, yaitu V by Crown Group. Dan terbukti bahwa peningkatan harga yang terjadi sangatlah signifikan," ujar Iwan di Jakarta, Selasa (22/3).

Bos Crown Group: Kebijakan Pemerintah Dorong Kenaikan Harga Hunian
Salah satu proyek Crown Group, Eastlake Live di Sydney. (Dok. Jawapos.com)

Dia menegaskan harga jual Paramatta pada saat itu mencapai Rp 5,75 miliar untuk apartemen dengan tipe 2 kamar tidur. Saat ini, harganya sudah mencapai Rp 11,73 miliar atau meningkat 104 persen.

"Sementara untuk apartemen tipe 1 tempat tidur, harga pada saat diluncurkan adalah Rp 4,67 miliar. Saat ini harganya sudah mencapai Rp 7,62 miliar atau mengalami peningkatan harga sebanyak 63 persen dalam kurun waktu 5 tahun," katanya.

Hal itulah yang mendorong Crown Group untuk membangun Eastlakes Live by Crown Group yang akan menjadi sebuah hub baru yang ikonik di kawasan Sydney. Iwan melihat arah kebijakan pemerintah untuk membangun sarana transportasi baru.

"Inner West Light Rail Train di area Kensington/Kingsford sudah dimulai proses pembangunannya pada Januari 2018, dan hal ini nantinya yang akan semakin membuat warga Eastlakes semakin mudah bergerak dan semakin terhubung dengan kawasan lainnya termasuk CBD," jelas Iwan.

Crown Group mematok harga hunian di Eastlakes Live sebesar Rp 6 miliar untuk apartemen 1 kamar tidur. Iwan pun memperkirakan harganya bakal melonjak seiring pembangunan proyek transportasi massa ini.

"Satu hal yang juga penting bagi para investor asal Indonesia tersebut adalah, kawasan Eastlakes juga sangat dekat dengan Kampung Indonesia, yaitu area dengan banyak restoran Indonesia yang tersebar di sekitar kawasan Kingsford–Randwick seperti Ayam Goreng 99, Shalom Indonesian Restaurant, Jimbaran Restraurant dan Ubud," pungkasnya.

Eastlakes Live by Crown Group akan terletak di atas Eastlakes Town Centre yang baru, sebuah area restoran dan ritel yang baru, menawarkan para penghuni dengan berbagai ruang dan pengalaman untuk berinteraksi atau bersantai. Town Centre yang baru akan dirancang sebagai tempat bersantai modern yang menjadi akan menjadi tolok ukur dengan keunggulan ritel yang memiliki supermarket besar, makanan segar, restoran, kafe jalanan, dan pusat medis serta taman yang hijau.

Tahap pertama dari pembangunan Eastlakes Live akan menampilkan 134 unit apartemen mewah mulai dari tipe satu kamar hingga ke griya tawang dan 12 gerai ritel yang berada di lantai bawah. Tahap kedua dari Eastlakes Live akan melengkapi town center baru dengan gabungan dari komponen hunian dan ritel, dengan detail yang akan dijelaskan lebih lanjut.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up