alexametrics

1.027 CPNS PUPR Dibina Untuk Jadi Anak Buah Ideal Menteri Basuki

22 April 2019, 12:01:49 WIB

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  melepas sekaligus menyerahkan CPNS 2017 dan CPNS 2018 di Gedung Pewayangan Kautaman Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (22/4). Dalam acara tersebut, Basuki memberikan beberapa wejangan kepada calon anak buahnya. Para peserta yang memakai atasan putih dan bawahan hitam pun menyambut dengan suka cita.

Seperti biasa, pria asal Surakarta itu tak banyak basa-basi dalam mengawali sambutannya. Ia langsung kepada poin. Basuki mengatakan ada tiga sikap yang harus dimiliki pegawai negeri sipil (PNS) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pertama,  berorientasi pada misi. Basuki menjelaskan sebagai insan PUPR, dilarang pulang sebelum misi selesai. Ia lalu mengenang saat hendak mengirim CPNS angkatan 2017 ke Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pada saat mau dikirim ke Lombok 2 hari sebelum berangkat (mereka) dikumpulin,” ujar Basuki.

Selanjutnya yang kedua adalah mampu bekerja sebagai tim. Basuki mengatakan menjadi PNS Kementerian PUPR harus mampu bekerja sama dengan banyak orang. Artinya, insan PUPR juga dibina untuk menjadi orang yang profesional.

“Orang yang profesional tuh bukan cuma tahu apa yang jadi tugasnya tapi juga tahu apa yang harus dikerjakan. Kalau enggak tahu bilang enggak tahu jangan sok tahu,” terangnya.

Terakhir, Basuki berpesan kepada anak buahnya bahwa para PNS Kementerian PUPR harus memiliki jiwa yang kuat, berani dan berjiw seni. Basuki menggarisbawahi jiwa seni ini, sebab menurutnya, jika anak buahnya tak punya jiwa seni maka akan sulit melakukan improvisasi ketika mendesain suatu proyek di lapangan.

“Kalau tak ada jiwa seni desain-desain yang dikerjakan di lapangan tidak bisa improvisasi nanti,” jelasnya.

1.027 CPNS Formasi 2018 Wajib Ikut 4 Tahap Pembinaan

Adapun, sebelum Basuki memberi sambutan, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti menuturkan ada sebanyak 979 formasi CPNS 2017 yang sudah resmi menjadi PNS di Kementerian PUPR. Dari jumlah tersebut, ada 2 CPNS yang tidak berlanjut menjadi PNS. Sedangkan untuk formasi 2018, ada sekitar 993 CPNS.

Namun ada sejumlah 34 CPNS yang berasal dari Kementerian Keuangan. Sehingga total CPNS Kementerian PUPR ada 1.027. Seluruhnya, baik angkatan 2017 maupun 2018 wajib mengikuti pembinaan awal.

Salah satu kegiatan yang dilakukan di tahap awal adalah mengikuti pengarahan tentang upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme. Dalam hal ini, pihak kementerian mengundang langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Suhardi Alius sebagai pengisi acara.

“Ada 993 CPNS formasi 2018 yang akan mengikuti pembinaan awal. Ada 34  CPNS yang direkrut kementerian keuangan tapi sudah diberikan kepada kementerian pupr,” jelas Anita.

Anita mengatakan, dari total formasi CPNS 2017, sebanyak 496 CPNS telah dikirim ke Lombok untuk mengikuti program pengalaman lapangan dalam rehabilitasi bencana. Bagi CPNS yang tak ikut ke Lombok, mereka ditugaskan untuk membuat buku. Buku-buku ini akan dibahas lewat talkshow yang masuk dalam rangkaian kegiatan pembinaan awal adik angkatan mereka yakni CPNS 2018.

“Yang direkrut 2018 kami sudah siapkan empat tahap pembinaan. Di antaranya pengenalan kementerian PUPR, pembinaan perilaku dasar, pembinaan profesi, serta aktualisasi kompetensi. Terkait kegiatan tersebut, CPNS wajib ikut kegiatan awal,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Uji Sukma Medianti