alexametrics

Tol Pandaan-Malang Beroperasi saat Lebaran

Seksi I-III Proses Peroleh SLO
21 April 2019, 16:00:21 WIB

JawaPos.com – Jalan tol Pandaan-Malang seksi 1 sampai 3 sepanjang 30 kilometer sudah siap dioperasikan. Tinggal menunggu jadwal peresmian. Sedangkan seksi 4 dan 5 sampai saat ini masih memasuki tahap pengerjaan konstruksi.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo mengungkapkan bahwa saat ini seksi 1 dan 3 sedang menjalani proses untuk meraih sertifikat laik operasi (SLO).

“Sementara untuk peresmian belum ada kabar, menunggu jadwal presiden,” katanya kepada Jawa Pos kemarin (20/4).

Pada 10 April lalu tim dari Kementerian PUPR sudah meninjau ke lapangan untuk memastikan standar pelayanan minimal (SPM) seksi 1 sampai 3 itu terpenuhi sebagai salah satu syarat didapatkannya SLO. Sebelumnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan agar seksi 1 sampai 3 diresmikan pada 12 April 2019 saat presiden berada di Malang. Namun, rencana tersebut tertunda.

Meski demikian, jelas Agus, sesuai harapan Kementerian PUPR, tol Pandaan-Malang seksi 1 hingga 3 bisa beroperasi penuh paling tidak pada periode bulan puasa dan Lebaran. Dia optimistis jalur tol tersebut bisa melayani arus mudik dan balik pada 2019.

Dari total lima seksi sepanjang 38 kilometer, seksi 1 menghubungkan Pandaan sampai Purwodadi, seksi 2 dari Purwodadi hingga Lawang, dan seksi 3 Lawang ke Singosari. Sedangkan seksi 4 terbentang dari Singosari ke Pakis, lalu sisanya (seksi 5) dari Pakis sampai Malang.

Tol Trans-Jawa segmen Malang Pandaan. (Galih Cokro/Jawa Pos)

Saat ini, jelas Agus, progres fisik seksi 4 hingga 5 sepanjang 8 kilometer sudah berjalan lebih dari 80 persen. Sempat ada problem saat tim konstruksi menemukan situs purbakala. PT JPM pun harus berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. “Insya Allah pada masa Lebaran nanti seksi 4 dan 5 bisa beroperasi secara fungsional,” ucapnya.

Humas PT JPM Agus Tri Antyo mengatakan bahwa problem situs purbakala telah teratasi. PT JPM memutuskan untuk membengkokkan sedikit jalur tol Pandaan-Malang. “Arahnya sedikit meliuk ke timur mendekat ke Kali Amprong, Malang,” ujarnya.

Kehadiran ruas tol Pandaan-Malang akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. Selama ini perjalanan dari Surabaya ke Malang pada jam padat bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol itu, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam.

Jalan tol tersebut nanti juga mendukung akses ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Bromo Tengger Semeru. Jalan tol itu juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan dan kiri jalan. Terutama di rest area-nya yang berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna di sisi barat.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (tau/c9/git)



Close Ads