JawaPos Radar

Dear Kaum Milenial, Pilih Punya Hunian atau Halalin Si Dia Dulu Ya?

20/12/2017, 08:14 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
rumah atau nikah, cicilan rumah, rumah murah
Apartemen biasanya menjadi pilihan kaum milenial untuk memiliki hunian (DITE SURENDRA/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - Menikah dan memiliki rumah sendiri merupakan keinginan bagi setiap orang. Tidak terkecuali bagi para kaum milenial. Sayangnya, keinginan tersebut bisa bagai pungguk merindukan bulan.

 

Alasannya, banyak generasi milenial yang mengalami kendala keuangan. Itu membuat mereka harus memilih salah satu yang perlu diprioritaskan. Mau menikah dulu, atau punya rumah dulu?

apartemen, cicilan rumah, beli rumah
Apartemen biasanya menjadi pilihan kaum milenial untuk memiliki hunian (AGUS WAHYUDI/JAWA POS)

 

Nah, kira-kira jika dalam kondisi dilema seperti itu, mana yang lebih penting, menikah atau punya rumah?

 

Perencana Keuangan, Agustina Fitria Aryani mengatakan, beban menikah tidak seberat untuk memiliki rumah. Sebab, biaya nikah masih dalam batas koridor yang bisa dikontrol. 

 

Oleh karena itu, dirinya menyarankan agar lebih memprioritaskan membeli rumah. Sementara untuk menikah, tidak perlu mewah yang penting tetap terlaksana niat baiknya. 

 

"Balik lagi kan kalau nikah biayanya bisa dibicarakan. Artinya gini, disepakati dulu mau yang berapa dan tanggungan siapa. Nikah juga kan bukan cuman hari-H, kita jangan mikirin pestanya saja, tapi setelahnya," ujarnya kepada JawaPos.com, Selasa (19/12) kemarin.

 

"Jadi, prioritaskan cicilan rumah dulu. Yang penting resmi dulu kan, pesta bisa disusul. Lebih baik pikirkan masa depan, bukan pada satu hari itu saja," sambungnya. 

 

Jika masih merasa gengsi, lanjutnya, dia menyarankan agar hal itu tidak terlalu diambil pusing. Menurutnya, gengsi tidak akan membuat seseorang menjadi lebih baik, khususnya dalam pengelolaan keuangan yang baik.

 

"Nah, sekarang mau gengsi atau mau hidup enak? Itu balik lagi, mau bertahan berapa lama kalau hidup pakai gengsi. Daripada bingung setelah nikah mau tinggal di mana," pungkasnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up