JawaPos Radar

Perencana Keuangan Beberkan Alasan Kaum Milenial Ogah Beli Rumah

19/12/2017, 16:42 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Perencana Keuangan Beberkan Alasan Kaum Milenial Ogah Beli Rumah
perumahan (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perencana Keuangan Agustina Fitria Aryani membeberkan alasan banyaknya kaum milenial yang ogah membeli rumah. Padahal, setiap tahun harga hunian terus melonjak. Hal itu dikhawatirkan akan membuat anak muda semakin kesulitan memiliki rumah.

Menurutnya, kaum milenial saat ini menekankan pentingnya pengalaman dalam kepemilikkan rumah, khususnya di wilayah perkotaan. Alasannya, wilayah tersebut dianggap sebagai 'zona nyaman' mereka sebagai generasi milenial.

"Selain itu mereka tidak mau menggunakan uangnya untuk kepemilikan (rumah), mereka maunya jalan-jalan atau nonton konser," ujarnya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (19/12).

Berdasarkan surveinya, hanya sebanyak 17 persen dari total generasi milenial saat ini yang baru memilki rumah. Sisanya, sebagian dari mereka lebih senang menyewa tempat atau menumpang di rumah orang tua.

"Yang sudah nikah saja nebeng sama orang tua. Milenial itu lebih khawatir dengan kehidupan sehari-hari. Belum ada ngomongin pensiun. Bayangin kalau mereka enggak siap-siap nanti pensiun punya rumah enggak," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank BTN (Persero) Maryono mengungkapkan, saat ini ada sekitar 71 juta populasi generasi milenial yang harus didorong agar mau memiliki hunian. Sebab, jika tidak dilakukan, maka pada 2020 mendatang jumlah kaum milenial akan melonjak dua kali lipat.

Itu artinya, potensi bagi mereka untuk tidak memiliki rumah juga semakin besar. Sebab, saat itu harga rumah juga akan semakin melonjak tajam.

"Peluang bahwa ada 35 persen generasi milenial yang perlu kita jangkau karena generasi muda ini 2020 bisa naik dua kali lipat. Kalau sekarang ada 71 juta bisa meningkatkan 142 juta. Ini adalah potensi kaum milenial yang harus kita optimalkan," pungkasnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up