Begini Jurus Kaum Milenial agar Cepat Punya Rumah Idaman

19/12/2017, 15:27 WIB | Editor: Saugi Riyandi
perumahan (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bagi kaum milenial, memiliki rumah idaman, khususnya di Jakarta menjadi sebuah keniscayaan. Apalagi, rata-rata penghasilan mereka tidak besar, hanya di kisaran Rp 3-5 juta.

Lalu bagaimana cara agar kaum milenial bisa memiliki rumah idaman?

Perencana Keuangan, Agustina Fitria Aryani mengatakan, saat ini harga rata-rata rumah di Jakarta berada pada kisaran Rp 480 juta. Dengan kondisi penghasilan sekarang, dirinya menilai sulit bagi kaum milenial untuk punya rumah.

perumahan (Dok. Jawapos.com)

Untuk itu, dirinya menyarankan agar mencari hunian yang sesuai dengan penghasilan mereka. Jangan memaksakan hunian yang tidak bisa dipenuhi penghasilan karena akan membuat keuangan tidak sehat.

"Carilah rumah yang sesuai kemampuan. Kalau mau di Jakarta itu sekitar Rp 480 juta, kalau dengan gaji saat ini akan susah mengejarnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/12).

Kedua, berusaha untuk menyesuaikan penghasilan dengan rumah yang akan dibeli. Salah satu caranya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Ketiga, kaum milenial bisa mengumpulkan uang secara bertahap. Uang itu tidak akan digunakan untuk membeli rumah secara cash, namun bisa dioptimalkan sebagai tanda jadi atau down payment (DP).

"Kalau sulit bisa beli dengan paket KPR. Karena itu mudah banget," pungkasnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi