Beli Rumah Dekat Sekolah, Ini Sejumlah Keuntungannya

19/07/2018, 11:11 WIB | Editor: Mochamad Nur
Ilustrasi pembangunan rumah (DOK.JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Lokasi sangat menentukan harga properti hunian karena mempermudah akses dalam beraktivitas. Tak ada cerita harga rumah turun setiap tahunnya apalagi dalam lokasi yang dinilai strategis.

Mengutip situs resmi rumah123.com, rumah yang berlokasi dekat sekolah akan naik seiring dengan permintaan yang tinggi. Apalagi, jika sekolah tersebut ternama atau memiliki kualitas dan fasilitas yang terkenal bagusnya.

Head of Knight Frank kawasan Dulwich, Mitchell Murphy menyebut, permintaan hunian yang memiliki fasilitas kebutuhan keluarga akan naik secara alami di seluruh negara. Disamping kemudahan akses yang dengan lokasi pekerjaan, masyarakat akan memikirkan lokasi yang dekat juga dengan fasilitas sekolah untuk anak-anaknya.

“Tren lain yang kami observasi adalah pembeli bermigrasi ke area yang berdekatan karena mereka mencari harga hunian yang lebih terjangkau, sementara mereka bisa masih menjangkau sekolah ternama,” ujarnya.

Sementara, Konsultan properti ternama asal Inggris, Knight Frank melansir hasil riset yang mencontohkan, kenaikan harga hunian di kawasan Dulwich yang berada di bagian Selatan ibu kota Inggris, London mencatatkan hasil fantastis.

“Harga hunian di Dulwich mengalami kenaikan hingga 1,150 persen dalam tempo dua dekade lebih, tepatnya dari Januari 1995 hingga September 2017. Persentase kenaikan ini menjadi yang tertinggi yang terjadi di Inggris dan Wales dalam dua dekade.

Beberapa situs properti di Amerika Serikat pernah melansir temuan serupa. Kalau rumah dekat dengan sekolah, harganya bisa naik hingga 10 persen.

Jika ada rumah dekat sekolah ternama yang tak dihuni, alangkah baiknya juga disewakan saja. Disamping ada yang merawat juga bisa menjadi ladang investasi.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi