alexametrics

Pentingnya Dukungan Infrastruktur bagi Unicorn Dalam Negeri

18 Februari 2019, 17:17:11 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa kesempatan kerap menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu semata tidak hanya untuk mendukung perekonomian Indonesia tetapi juga untuk kemajuan bangsa.

Pernyataan itu pun diamini Menteri Keuangan Sri Mulyani. Menurut dia, infrastruktur sangat penting untuk mendukung kemajuan bisnis di dalam negeri. Infrastruktur adalah dukungan terhadap pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan semakin berkembangnya era digital, dukungan konektivitas penting bagi Indonesia. Apalagi, saat ini sudah banyak unicorn atau start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas USD 1 miliar atau setara Rp 13,5 triliun (kurs Rp 13.500 per dolar AS) di dalam negeri yang mendunia.

“Konektivitas di Jawa terutama sudah luar biasa berkualitas. Oleh karena itu presiden meminta agar infrastruktur konektivitas merata. Infrastruktur konektivitas digital harus merata,” ujar Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (18/2).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, saat ini masih ada beberapa wilayah Indonesia yang belum menikmati konektivitas dengan kecepatannya secepat di wilayah Indonesia bagian Barat.

Makanya,pemerintah terus melakukan akselerasi dalam penyediaan akses telekomunikasi dan internet melalui infrastruktur satelit multifungsi dengan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Menteri yang biasa disapa Ani itu menyebut, ketika meluncurkan Satelit Palapa Ring untuk bagian tengah bersama Menteri Kominfo Rudiantara, maka seluruh kabupaten di Indonesia bagian tengah dan timur bisa segera memperoleh konektivitas jaringan secara keseluruhan dengan baik.

Infrastruktur itu terbangun berkat pekerjaan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). “Kalau menggunakan anggaran (APBN/APBD) saja tidak akan cepat untuk pengadaan satelit dari sisi infrastruktur,” tandasnya.

Dengan semakin baiknya infrastruktur telekomunikasi, maka akan mempercepat pertumbuhan startup menjadi Unicorn. Masyarakat yang menjadi konsumen bisa mengakses kebutuhan apa pun lewat kemudahan jaringan telekomunikasi. Sebagaimana yang difasilitasi oleh Palang Ring.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Hana Adi

Saksikan video menarik berikut ini:

Pentingnya Dukungan Infrastruktur bagi Unicorn Dalam Negeri