alexametrics

Perumnas Gaet PT KAI Bangun Rusunami di Dekat Stasiun Tanjung Barat

16 Agustus 2017, 07:12:16 WIB

JawaPos.com – Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Perumnas dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalin sinergi dengan mengembangkan proyek rumah susun sederhana milik (Rusunami) di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Dua BUMN ini menginvestasikan Rp 705 miliar untuk membangun 3 (tiga) menara rusun di atas lahan seluas 1,5 hektar di hunian vertikal ini dengan konsep konsep Transit Oriented Development (TOD).

Pembangunan Rusunami dengan konsep TOD di Tanjung Barat ini adalah yang pertama di Indonesia sebagai bentuk kerjasama antara Perum Perumnas dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menyediakan hunian layak dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Rusunami TOD ini bentuk inovasi hunian yang terintegrasi dengan transportasi umum, khususnya commuter line Jakarta-Depok-Bogor.

“Groundbreaking dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72. Pembangunan ini akan memberikan dampak pada perkembangan kawasan ekonomi di Tanjung Barat dan sekitarnya. Walaupun rumit dan banyak tantangan berat, pembangunan Rusun TOD harus berkualitas,” kata Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (16/8).

Hunian yang dekat dengan stasiun kereta Tanjung Barat ini, akan dilengkapi antara lain dengan tempat ibadah, ruang pertemuan, sarana bermain anak, dan area komersil.

Setiap tower akan terdiri dari 29 lantai, dengan total 1.232 unit, dimana sebanyak 289 unit akan diperuntukan secara khusus bagi MBR. Ditargetkan pembangunannya dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun.

“Konsep ini adalah inovasi dalam penyediaan rumah vertikal dilokasi strategis. Kalau kita bangun rumah tapak sebanyak 1.200 unit, lahan yang diperlukan sangat luas dan tidak semua bisa dibangun, karena 40 persennya dibatasi koefisien lantai bangunan dan diperuntukan bagi ruang terbuka hijau,” jelas Menteri Basuki.

Kementerian BUMN melalui Perum Perumnas sendiri menargetkan membangun 50 TOD di seluruh Indonesia. Bulan depan Perum Perumnas juga akan memulai pembangunan Rusun TOD di Pondok Cina dan Klender.

“Dengan dimulainya pembangunan rusun TOD Tanjung Barat, kami berharap bisa membangun satu rusun setiap bulan dengan kombinasi antara hunian subsidi dan non subsidi, sehingga ada subsidi silang. Totalnya ada 50 TOD yang akan kami bangun. Menyusul segera di Pondok Cina Depok kemudian di Manggarai, Tangerang, Senen, dan Bogor,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti , Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, Irjen Kementerian PUPR Rildo Ananda Anwar dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (nas/JPC)


Close Ads
Perumnas Gaet PT KAI Bangun Rusunami di Dekat Stasiun Tanjung Barat