alexametrics

Mau Jual Rumah Biar Laku Cepat Dan Mahal, Ikuti Trik Ini!

15 Maret 2019, 10:12:45 WIB

JawaPos.com – Rumah menjadi aset yang selalu bernilai tinggi lantaran harga yang terus naik setiap tahunnya. Kenaikan harga rumah bisa semakin tinggi bila rumah berada di kawasan strategis dan didukung dengan pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol, bandara, pelabuhan, dan infrastruktur lainnya.

Berdasarkan data House Price Index (HPI) alias indeks harga rumah yang dirilis PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, HPI secara nasional tercatat 155,26 atau tumbuh 7,23 persen (yoy) per Juni 2018.

Namun, jika ada rencana untuk menjual rumah dalam waktu dekat. Pastinya ingin mendapatkan harga terbaik dari rumah tersebut. Intinya untung, bukan malah buntung.

Mengutip situs resmi cermati.com, ada beberapa trik yang bisa diikuti agar rumah bisa terjual cepat dan harga jual menjadi mahal.

1. Ubah tampilan pada teras dan halaman rumah

Rumah yang tampak kusam, suram, dan tak terawat, justru bisa membuat calon pembeli kabur. Boro-boro dapat harga tinggi, rumah itu laku saja sudah bagus. Anda bisa perlahan melakukan perbaikan sana sini, termasuk memperbaiki penampilan rumah agar lebih enak dilihat. Jika bingung mulai dari mana, awali dulu dari bagian luar rumah dengan membersihkan dan merapikan area taman dan teras.

Cabut rumput atau ilalang yang tumbuh liar, tata bebatuan seperti jalan setapak supaya lebih rapi. Bersihkan kotoran atau lumpur dan lumut yang sudah lama nempel di dinding maupun lantai teras.

Kalau perlu, Anda bisa menempatkan pohon atau tanaman-tanaman baru yang cantik sehingga tampak lebih hijau. Ganti lampu di dalam maupun luar rumah agar rumah terlihat lebih terang. Anda bisa melakukannya juga pada semua ruangan, termasuk kamar mandi dan dapur yang biasanya tampak suram.

2. Cat ulang rumah

Ini juga penting supaya rumah laku dan harganya mahal, yakni mengecat ulang rumah Anda supaya lebih kinclong. Warna memiliki kekuatan besar dan bisa mengubah tampilan sebuah rumah. Lakukan pengecatan ulang pada rumah Anda, agar seluruh bagian rumah tampak baru dan lebih indah. Pilih warna yang tepat dan cerah, agar penampilan rumah terlihat lebih fresh dari sebelumnya.

Anda dapat mengombinasikan warna yang berbeda, agar rumah tidak terlihat membosankan. Anda bisa memilih warna-warna netral yang cocok untuk semua ruangan atau bahkan warna-warna pastel yang lebih cerah dan tampak nyaman bagi semua orang.

3. Renovasi rumah

Tentu saja calon pembeli ogah membeli rumah yang memiliki banyak kerusakan. Sebelum rumah dilego, Anda harus merenovasi beberapa bagian yang rusak. Pertama, cek semua bagian rumah Anda secara detail dan catat bagian mana saja yang membutuhkan perbaikan. Contohnya pintu macet, plafon jebol atau bocor, keran air tidak berfungsi, dan sebagainya.

Lakukan renovasi dengan bantuan satu atau dua tukang bangunan agar keseluruhan bagian rumah benar-benar ditangani dengan baik. Rumah yang siap huni tanpa kerusakan akan lebih cepat laku dan bisa Anda jual dengan harga tinggi.

4. Rapikan dan bersihkan dengan maksimal

Kebersihan dan kerapian rumah menjadi hal yang tak bisa diabaikan. Pastikan Anda memeriksa setiap bagian rumah dan kebersihannya, seperti di area dapur, kamar mandi, taman dan teras, halaman belakang, dan yang lainnya.

Sapu, pel, dan bersihkan kerak-kerak yang menempel di di dinding dan lantai agar kesan kotor dan tidak terawat hilang. Rumah jadi bersih, rapi, indah, bagus. Dan paling penting nyaman untuk ditinggali penghuni baru.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Mau Jual Rumah Biar Laku Cepat Dan Mahal, Ikuti Trik Ini!