JawaPos Radar

Target Pemerintah Tahun 2019: Hanya 5,4 Juta Orang Belum Punya Rumah

14/08/2018, 14:39 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Target Pemerintah Tahun 2019: Hanya 5,4 Juta Orang Belum Punya Rumah
Pemerintah terus mengupayakan kebutuhan rumah masyarakat Indonesia bisa dipenuhi. (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, pemerintah terus mengupayakan kebutuhan rumah masyarakat Indonesia bisa dipenuhi. Pasalnya, rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok di luar sandang dan pangan. 

“Faktanya, perumahan di Indonesia masih mengalami defisit pasokan sebesar 7,6 juta pada tahun 2015," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (14/8).

Lana mengklaim, pihkanya menargetkan akan mengurangi angka kebutuhan rumah atau backlog perumahan di 2019 mendatang menjadi tinggal 5,4 juta.

Meskipun demikian, sayangnya Lana belum dapat mengutarakan besaran angka pencapaian pemenuhan rumah yang telah terealisasi hingga pertengahan tahun ini.

"Diharapkan angka backlog akan berkurang dari 7,6 juta menjadi 5,4 juta rumah pada tahun 2019," tuturnya.

Agar seluruh masyarakat Indinesia bisa mempunyai tempat tinggal sendiri, kata Lana, pemerintah telah menjalani program satu juta rumah yang masuk dalam proyek strategis.

Program tersebut merupakan program yang mendukung nawacita dan telah dituangkan dalam Perpres Nomor 58/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up