alexametrics

Properti Diprediksi Bakal Bangkit, Apartemen Jadi Pilihan Investasi

14 Juni 2019, 10:38:22 WIB

JawaPos.com – Properti masih menjadi primadona investasi. Khususnya di Jawa Timur (Jatim). Alasan itu membuat PT PP Properti Tbk (PPRO) gencar memasarkan produk mereka. Baik di Surabaya maupun wilayah lain di Jatim. Mengikuti selera pasar, belakangan PPRO memberikan porsi yang lebih besar untuk apartemen.

’’Orang-orang masih lebih memilih berinvestasi di properti. Komposisinya masih sekitar 24 persen,’’ ungkap Vice President 3 PPRO Rudi Harsono seperti dikutip Jawa Pos, Jumat (14/6). Dia menambahkan bahwa 18 persen masyarakat memilih berinvestasi pada emas.

Data itu membuat Rudi yakin kinerja properti akan membaik pada semester kedua ini. Jika pada enam bulan pertama 2019 penjualan apartemen cenderung lesu, dia bisa memastikan adanya peningkatan pada paro kedua tahun ini. Menurut dia, agenda politik dan kebutuhan hari raya membuat sebagian besar orang enggan berinvestasi. Tetapi, setelah semuanya terlewati, investasi properti akan kembali bergairah.

Menurut Rudi, penjualan apartemen untuk kelas menengah tumbuh signifikan. Secara keseluruhan, kinerja tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu. ’’Pertumbuhan tahun ini 16 persen daripada tahun lalu. Penjualan juga meningkat pada kisaran angka yang sama,’’ ungkapnya.

Penjualan apartemen di kawasan Surabaya memberikan kontribusi pendapatan terbesar bagi PPRO. Sampai sekarang, sekitar 60 persen target pemasaran PPRO masih berada di Kota Pahlawan. Gencarnya pembangunan infrastruktur di Surabaya juga membuat penjualan apartemen meningkat. Salah satunya, underpass dan MERR.

Rudi menyatakan bahwa pengembang di Surabaya perlu mempertimbangkan lokasi produk mereka. Sejauh ini, lokasi yang dekat dengan pusat keramaian atau central business district (CDB), area pendidikan atau sekolah, dan kawasan industri. PPRO mempunyai Grand Shamaya yang letaknya dekat pusat keramaian Surabaya Barat. Sementara itu, Grand Dharmawangsa Lagoon merupakan properti yang dekat dengan sekolah. ’’Westown View dan Grand Sagara itu dekat wilayah industri Surabaya Barat dan Suramadu,’’ ucapnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ell/c20/hep