alexametrics
Soal Konsep Rumah Dekat Transportasi Umum

Sentilan Jokowi ke Anak Buah: Program TOD Jangan Saling Lempar!

8 Januari 2019, 19:41:23 WIB

JawaPos.com – Percepatan program pembangunan hunian dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) sebagai solusi masalah transportasi menjadi proyeksi Presiden Joko Widodo untuk mengatasi masalah kemacetan di Jabodetabek. Selain itu program TOD bisa jadi stimulus proyek-proyek transportasi seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

Menurut Jokowi, TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota sehingga mendesak untuk lebih cepat dilaksanakan. Sayangnya program TOD, kata dia, selama ini masih terganjal karena terjadi saling lempar kewenangan antara kota atau wilayah yang menguasai.

“TOD juga berpuluh tahun ini enggak bisa bergerak. Sebab pengelolaannya ada di berbagai tempat. Ada di DKI, Jawa Barat, Banten, dan Kementerian lain,” tukasnya dalam rapat terbatas bersama para menteri di Istana Negara, Selasa (8/1).

Sentilan Jokowi ke Anak Buah: Program TOD Jangan Saling Lempar!
Ilustrasi pembangunan rumah dengan konsep TOD kini jadi incaran calon pembeli rumah (DOK.JAWAPOS.COM)

Dengan adanya integrasi antar wilayah, kata dia, keterpaduan antar transportasi perkotaan dengan tata ruang bisa bersinergi. Salah satunya dengan peningkatan akses angkutan umum dan teknologi yang ada.

“Serta harus ada penyederhanaan dalam manajemen sistem transportasi,” jelasnya.

Dia berharap masalah realisasi TOD tidak lagi menjadi saling lempar kewenangan masing-masing daerah untuk mewujudkannya. Program itu sejalan dengan kebutuhan masyarakat komuter.

“Sehingga gampang dirancang, dimulai dan tak saling lempar antar institusi lainnya,” tegasnya. (ika/Marieska)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads
Sentilan Jokowi ke Anak Buah: Program TOD Jangan Saling Lempar!