alexametrics

Prabowo Ingin Pisahkan Kementerian PUPR, Menteri Basuki Bilang Begini

7 Maret 2019, 16:39:09 WIB

JawaPos.com – Selain kementerian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK), kubu Capres 02 Prabowo Subianto mengatakan akan memisakan kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat apabila menang dalam kontestasi Pemilu 2019-2024 mendatang. Tujuannya supaya pemerintah bisa fokus mengurus perumahan rakyat, bukan hanya infrastruktur umum saja.

Menanggapi hal ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku tidak masalah jika kementeriannya dipisah jadi pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Menurutnya, organisasi atau lembaga sifatnya hanya sebuah kendaraan untuk mencapai tujuan.

“Itu tergantung pemerintahan baru nanti. Organisasi itu hanya vehicle saja. Dulu PU, PUTL, kembali lagi PU, sekarang PUPR, jadi just a vehicle, nggak ada masalah mau diapain,” ujar Basuki ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (7/3).

Prabowo Ingin Pisahkan Kementerian PUPR, Menteri Basuki Bilang Begini
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (Dok. JawaPos.com)

Basuki menerangkan, dulu saat masih ada kementerian perumahan rakyat, anggarannya justru kecil sehingga capaian unitnya hanya 200 ribuan saja. Namun, setelah dilebur dalam PUPR capaiannya bisa 1 juta lebih. Menurutnya, hal itu terjadi bukan karena masalah pemisahan lembaga tetapi karena anggarannya dan masuk dalam program prioritas.

“Jadi menurut saya sekali lagi organisasi hanya vehicle untuk mencapai tujuan,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Uji Sukma Medianti

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Prabowo Ingin Pisahkan Kementerian PUPR, Menteri Basuki Bilang Begini