JawaPos Radar

Galau Nikah Atau Beli Rumah Dulu, Ini Solusinya

05/09/2018, 09:07 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Galau Nikah Atau Beli Rumah Dulu, Ini Solusinya
Perumahan mewah (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Generasi milenial sering dibuat galau mendahulukan pilihan membeli rumah atau menikah. Pernikahan dirasa penting jika diri telah mantap dengan pasangan. Sementara rumah pun juga penting mengingat harga properti yang terus naik setiap tahunnya.

Mengutip cermati.com, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memecahkan kebimbangan antara menikah atau membeli rumah yang perlu didahulukan.

1. Tentukan Tujuan Keuangan secara Jelas

Topik keuangan seputar gaji, nilai aset, utang, hingga setelah menikah rencana tinggal di rumah sendiri atau apartemen, semua itu sebaiknya sudah diskusikan bersama pasangan agar kamu bisa mengatur keuangan bersama dengan tujuan yang lebih jelas.

Seharusnya milenial yang telah memiliki penghasilan sendiri bisa mengidentifikasi tujuan keuangan dan mewujudkannya. Sebagai generasi milenial, kamu tentunya ingin keuanganmu menjadi lebih baik, bukan? Jadi, memiliki tujuan keuangan yang jelas itu hal penting yang tidak bisa ditawar lagi.

Hal itu berlaku juga bagi yang masih lajang. Sembari menunggu jodoh datang, ada baiknya kamu menyusun tujuan keuanganmu dan memperbanyak menabung untuk biaya nikah hingga berinvestasi membeli properti sendiri.

2. Hitung Kemampuan

Cek kembali jumlah tabungan yg sudah terkumpul maupun investasi dan aset yang sudah kamu miliki. Apakah sudah cukup untuk mewujudkan tujuan keuanganmu semisal beli rumah atau apartemen. Atau sebaliknya, keuanganmu saat ini cenderung minus karena masih berkutat dengan utang kartu kredit yang belum lunas?

Sadari bahwa tujuan berhitung ialah kamu jadi tahu apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi keuanganmu. Cobalah lakukan penghitungan keuangan di akhir bulan atau beberapa hari sebelum gajian tiba.

Apa pun hasilnya nanti, bila ternyata keuanganmu tidak terlalu baik, jangan bersedih. Belajarlah untuk lebih disiplin dalam mengatur uang dan susun strategi untuk menambah pendapatan, mengurangi pengeluaran, hingga melunasi utang.

3. Manfaatkan KPR

Setelah berhitung dan kamu sudah tahu tujuan keuanganmu, semisal beli rumah atau apartemen, selanjutnya ialah take an action untuk mewujudkan impianmu. Betapapun kondisimu saat ini, tak perlu khawatir tidak bisa beli rumah atau apartemen karena uangmu belum cukup, sebab ada KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang bisa diupayakan.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up