alexametrics

Intiland Grande Tangkap Peluang Kebutuhan Pekerja WFH

5 Februari 2021, 15:17:56 WIB

JawaPos.com – Pengembang properti komersial, khususnya perkantoran, berusaha meningkatkan penyerapan produk. Berbagai cara dilakukan untuk mengerek okupansi gedung-gedung perkantoran. Salah satunya menghadirkan konsep ruang kerja yang nyaman dan membantu karyawan berfokus pada pekerjaan.

Direktur Pemasaran PT Intiland Grande Harto Laksono optimistis pasar perkantoran di kota-kota besar kembali tumbuh tahun ini. Menurut dia, bagi sebagian orang, work from home justru membuat kinerja mereka terganggu.

“Tidak semua rumah kondisinya mendukung kinerja karyawan. Beberapa malah terhambat saat harus bekerja dari rumah,” ungkap Harto Kamis (4/2).

Dia mengacu pada hasil survei Gensler Research Institute tentang kinerja work from home di Amerika Serikat (AS). Ternyata, produktivitas karyawan yang bekerja dari rumah dengan kondisi tak ideal justru menurun. Sebab, konsentrasi mereka terpecah.

Di sisi lain, para pekerja profesional memang memilih tetap bekerja dari rumah. Biasanya, alasan mereka adalah kesehatan dan kenyamanan.

“Soal kesehatan atau produktivitas itu sama-sama penting. Karena itu, kami coba hadirkan konsep ruang kantor yang fleksibel. Juga lebih banyak ruang terbuka,” kata Harto.

Intiland menghadirkan konsep berkantor 24 jam. Suasana kantor pun dirancang mirip rumah. Itu bakal menarik para pengusaha muda.

“Jadi, kita bawa suasana rumah ke kantor. Tapi, meninggalkan pengalih perhatian dan hambatannya,” ujar Harto. Karena itu, dia mengaku lebih membidik end user ketimbang investor.

Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Realestat Broker Indonesia (AREBI) Jawa Timur (Jatim) Rudy Sutanto menyatakan bahwa perkantoran masih menantang. Sebab, pengusaha muda cenderung bisa bekerja dari mana pun, tidak harus dari kantor atau rumah.

“Kalau rumah tapak dan ruko, peminatnya ada. Tapi, perkantoran masih minim,” ungkapnya. Kantor yang memiliki ruang terbuka, menurut dia, akan jauh lebih diminati.

 

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (bil/c19/hep)




Close Ads