JawaPos Radar

Dorong Pembangunan Rumah, Pemerintah Pakai Sisa Subsidi FLPP Rp 400 M

04/08/2016, 06:36 WIB | Editor: Mochamad Nur
Dorong Pembangunan Rumah, Pemerintah Pakai  Sisa Subsidi FLPP Rp 400 M
Ilustrasi (Dok JPNN)
Share this image

JawaPos.com-  Pemerintah terus menggenjot penyaluran dana subsidi FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) untuk menekan backlog rumah yang jumlahnya masih jutaan unit rumah. 
Tahun ini, setidaknya sisa dana Rp 400 miliar siap digelontor hingga akhir tahun.
 
"Masih ada dana  FLPP  Rp 400 miliar. Ini bisa untuk bantuan FLPP sekitar 35.000 unit rumah," kata Dirut  Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Budi Hartono saat ditemui di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta.
 
Budi mengakui dana sisa FLPP tidak akan mencukupi sampai akhir tahun ini. Namun, Budi meminta pengembang tidak perlu takut untuk tetap membangun perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
 
Disebutkan, bila pada 2010 backlog perumahan masih mencapai 13,5 juta unit, pada 2015 jumlah itu telah menurun menjadi 11,4 juta unit rumah.
 
Dari sisi pembiayaan,  Pusat Pengelolaan Dana Pembangunan Perumahan (PPDPP) telah  menyalurkan dana FLPP senilai Rp 23,3 triliun bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Penyaluran dana tersebut, katanya, telah dilakukan  tahun 2010 saat PPDPP masih bernama Pusat Pembiayaan Perumahan (PPP). Dana sebesar itu, mampu melakukan pembiayaan atas 444.605 unit rumah.
 
Sementara itu disinggung soal dana FLPP yang diusulkan untuk tahun depan, Budi menegaskan terjadi peningkatan yang cukup signifikan.
 
Peningkatan anggaran yang diusulkan disebabkan jumlah peminat masyarakat yang mengajukan FLPP untuk dapat rumah terus meningkat.
 
"Tahun depan 2017 sekitar Rp 13 triliun, naik emang. Tahun depan kita akan ubah dan evaluasi porsinya," tukasnya.(nas/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up