JawaPos Radar

Tekan Backlog Rumah, Kementrian PUPR Berikan Layanan Ini

03/08/2016, 15:10 WIB | Editor: Mochamad Nur
Tekan Backlog  Rumah, Kementrian PUPR Berikan Layanan Ini
Ilustrasi (Dok Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com- Anda belum punya rumah dan berniat membeli lewat cara kredit. Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) menjanjikan calon debitor hanya butuh waktu tiga hari kreditnya disetujui atau tidak.

"Kita ingin memangkas waktu penyaluran dana FLPP(Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dari 7 hari menjadi 3 hari," ujar Dirut PPDPP Budi Hartono kepada pers dalam peluncuran sistem e-FLPP di kantor Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Rabu (3/8).

Data Kementrian PUPR mencatat backlog (selisih pasokan dengan permintaan rumah) tercatat 11,4 juta unit pada 2015. Jumlah itu turun dibanding pada 2010 yang tercatat sebesar 13,5 juta.

Budi mengungkapkan, sejak 2010 hingga saat ini, lembaganya yang sebelumnya bernama Pusat Pembiayaan Perumahan (PPP) telah menyalurkan dana FLPP sebesar Rp 23,3 triliun dengan membiayai 444.605 unit rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah untuk menekan backlog perumahan. Diantaranya, dengan menurunkan suku bunga  KPR yang memanfaatkan skema FLPP dari 7,5 %  menjadi 5 %.

Selain itu, debidor dengan skema FLPP juga berhak mendapatkan fasilitas uang muka ringan, beban PPN, bebas premi asuransi dan jangka waktu kredit hingga 20 tahun.

"Dengan fitur-fitur ini kita berharap backlog perumahan bisa semakin mengecil," harap Budi.(nas/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up