JawaPos Radar

Rupiah Masih Rentan Terkoreksi

30/08/2018, 08:20 WIB | Editor: Mochamad Nur
Rupiah Masih Rentan Terkoreksi
Ilustrasi penukaran uang di sebuah money changer (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih rentan terkoreksi dan berpeluang kembali melemah akibat masih berkuasanya dolar paman Sam.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, adanya sentimen internal AS yang menguatkan USD, terutama dengan adanya rilis kenaikan pertumbuhan AS diperkirakan dapat menekan peluang Rupiah untuk kembali menguat.

”Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.656-14.643. Pergerakan Rupiah yang rentan terkena sentimen penguatan USD tampaknya berpeluang kembali melemah,” ujarnya di Jakarta, Kamis (30/8).

Reza menjelaskan, penguatan Rupiah tampaknya kembali tertahan dimana berbalik melemah meski masih terdapat sejumlah berita positif dari dalam negeri.

Namun demikian, adanya penilaian dimana tren suku bunga rendah telah berakhir usai Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan beberapa kali.

“Ditambah dengan penilaian industri perbankan nasional telah masuk ke rezim suku bunga tinggi tampaknya menghambat peluang Rupiah untuk kembali menguat dan mengimbangi adanya berita positif,” tuturnya.

Di sisi lain, pergerakan USD kembali menguat dengan kembalinya kekhawatiran pelaku pasar terhadap kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok meski AS telah mencapai kesepakatan dengan Meksiko.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up