alexametrics

Kecemasan Angka Penularan Covid-19 Belum Sirna, Pengaruhi Kurs

30 Juni 2020, 13:30:16 WIB

JawaPos.com – Kekhawatiran pasar terhadap peningkatan penyebaran virus Covid-19 di seluruh dunia masih belum sirna. Hal tersebut turut mempengaruhi pergerakan mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang masih diperkirakan melemah.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjandra mengatakan, pagi tadi
aset berisiko kelihatan positif karena adanya sentimen dari pernyataan Gubernur the Fed. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi rupiah berada di level 14.302.

“Pagi ini sebagian aset berisiko kelihatan positif karena adanya komentar tertulis Gubernur the Fed yang mengatakan akan mempertahankan suku bunga sangat rendah dalam jangka waktu yang lama,” ujarnya dalam pesan singkatnya, Selasa (30/6).

Menurutnya, hal itu diharapkan dapat membantu memulihkan ekonomi dan data indeks aktivitas manufaktur dan non-manufaktur Tiongkok bulan Juni yang menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas. Pihaknya memperkirakan, hari ini mata uang Garuda masih belum memiliki tenaga melawan dolar Paman Sam dan akan berada di kisaran 14.150-14.300.

“Tarik menarik sentimen positif dan negatif ini bisa membuat rupiah bergerak mengalami pelemahan atau penguatan yang tipis hari ini,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads